drama korea melodrama
drama korea melodrama

Rekomendasi drama Korea melodrama. Hei, Teens! Belakangan drama Korea melodramatic tengah banyak bermunculan dan peminatnya pun setelah pandemi covid-19 ini sangat banyak! Meskipun kisah dalam drama Korea melodramatic membuat penonton capek nangis, tapi itulah daya tariknya buat mereka yang bosan sama happy ending. Selain itu, drakor melodrama lebih lama dikenang dan tersimpan di hati penonton.

Sebagai kdrama lovers yang belakangan ini lagi demen banget sama genre melodrama, aku ingin rekomendasiin beberapa drakor melodrama yang pasti bikin kamu banjir air mata dan ceritanya bagus banget! Diambil dari segala genre dan mengandung banyak pelajaran bagus. Nah berikut ini 10 drama Korea melodramatic, kamu wajib nonton!

1. Mr. Sunshine

drakor melodrama 2020

Mr. Sunshine disebut-sebut sebagai drama Korea terbaik sepanjang masa, ini bukan omong kosong belaka. Bisa kita lihat seberapa bagus kualitas dramanya mulai dari cinematography sampai set yang benar-benar menggambar saat itu ketika Korea dijajah Jepang dan Amerika.

Penulis dramanya Kim Eun Sook yang terkenal karena Boys Before Flower dan Goblin. Sutradaranya Lee Eung Bok yang menyutradarai Sweet Home, Jirisan, dan sederet drama populer lainnya. Belum lagi aktor senior Lee Byung Hun dan aktris chungmuro Kim Tae Ri terpilih sebagai pemeran utamanya dan di meriahkan oleh para selebriti kelas atas Yoo Yeon Seok, Byun Yohan dan Kim Min-jung.

Eugene Choi awalnya adalah seorang budak yang melihat orang tuanya dibunuh di depan mata. Dia selamat kabur ke Amerika dan merasa dendam pada Korea atau lebih tepatnya pada para kaum bangsawan yang memperlakukan budak sesuka hati. Belasan tahun kemudian dia kembali ke Korea sebagai warga negara Amerika dan seorang jendral.

Eugene tak peduli pada nasib negaranya, terserah saja Korea dijajah Amerika dan Jepang. Tapi perlahan-lahan pandangan itu berubah saat dia bertemu dengan Go Ae Shin, seorang cucu bangsawan ternama di Korea yang memperjuangkan mati-matian kemerdekaan bangsanya. Bisakah mereka membuat Korea merdeka? Silahkan saksikan drama ini di platform resmi, Netflix dengan jumlah episode 24.

2. Youth of May

Drama sejarah memang lengket kaitannya dengan melodrama yang membuat penonton deg-degan dan berujung nangis sampai meler. Siapa yang bisa mengharapkan akhir bahagia di drama sejarah campur melodrama? Selain Hymn of Death dan Mr. Sunshine, ada Youth of May nih yang mengangkat latar belakang sejarah tahun 1980, dimana saat itu politik Korea sedang bergejolak karena demo mahasiswa yang meminta penurunan presiden, mirip tahun 1998-nya Indonesia.

Awal Mei saat itu di kota Gwangju, Hee Tae yang seorang mahasiswa kedokteran bertemu dengan perawat dingin bernama Kim Myunghee. Mereka jatuh cinta setelah bertemu di kencan pertama. Tapi konflik beda kasta memang sangat umum dan begitu penting kala itu, sehingga hubungan mereka tidak dapat berjalan mulus. Berbagai hal terjadi dalam kurun waktu yang kurang dari sebulan dan bersamaan terjadilah pembantaian Gwangju yang mengerikan, yang sampai sekarang masih dikenang.

Drama ini hanya berjumlah 12 episode dan dapat ditonton sub Indonesianya di Viu. Diperankan oleh aktor – aktris muda berbakat, seperti Lee Do Hyun dan Go Minsi. Drama ini memiliki sad ending sehingga muncullah kata-kata, pacaran gak sampai sebulan, nikah gak sampai sehari tapi setianya seumur hidup. Bagiku sih, ini drama Korea melodrama romantis terbaik yang pernah ‘ku tonton! Kalau kamu mau baca lebih lanjut tentang drama ini bisa lihat, review drakor Youth Of May awal yang manis berakhir tragis part 1.

3. Hymn of Death

drama korea melodrama 2019

Dibintangi oleh Shin Hye Sun dan Lee Jong Suk, Hymn Of Death diangkat dari kisah nyata pasangan terlarang di tahun 1926 yang sama-sama memutuskan bunuh diri. Sebelumnya, kisah ini pernah diangkat ke film berjudul Death Song pada 1991.

Drakor Hymn Of Death hanya berjumlah enam episode dan menceritakan tentang Kim Woo Jin si sastrawan kaya yang bertemu dengan seorang penyanyi sopran bernama Yun Sim Deok. Asal tahu saja ya, Yun Sim Deok adalah orang pertama yang merekam lagu pop Korea sebelum semendunia sekarang. Mereka berdua mengenyam pendidikan di Jepang dan saling jatuh cinta. Namun perbedaan kasta sosial ditambah lagi Kim Woo Jin sudah menikah, membuat kisah cinta mereka jadi sulit.

4. Winter Sonata

drama korea melodrama romantis terbaik
drama korea melodrama romantis terbaik

Bicara soal drama Korea melodrama, pastilah Winter Sonata seniornya. Dikenal sebagai drama jadul karena rilis pada bulan april sampai september tahun 2002 atau tepatnya 19 tahun lalu, drakor ini ternyata adalah drakor yang memulai tersebarnya gelombang Korea ke Jepang dan seluruh asia sebelum drama Korea jadi sepopuler sekarang.

Winter Sonata menceritakan tentang Jun Sang dan Yujin yang bertemu saat masih SMA. Namun di malam tahun baru yang seharusnya mereka habiskan untuk kencan, Jun Sang malah mengalami sebuah kecelakaan hebat. Yujin yakin kalau pada saat itu Jun Sang sudah meninggal.

Tapi ternyata Jun Sang tidaklah meninggal, dia mengalami amnesia atau hilang ingatan sehingga ibu Jun Sang sangat sedih dan memutuskan memberi putranya identitas baru. Ini termasuk nama baru dan kehidupan baru, karena itu sang ibu menyekolahkan Jun Sang ke Amerika.

Setelah beberapa tahun berlalu, Jun Sang kembali ke Korea sebagai pengusaha sukses. Siapa yang sangka kalau Yujin akan bekerjasama dengan Jun Sang? Yujin yang telah mematikan perasaannya jadi kembali jatuh cinta pada Jun Sang dan berusaha membuat pria itu mengingat kembali dirinya beserta kenangan mereka. Apakah Jun Sang akan ingat? Bagaimana kelanjutan kisah cinta mereka? Kamu bisa tonton di aplikasi Vidio dengan jumlah 20 episode.

5. Lost

Nah kalau tadi drama melodrama jadul, Lost atau judul lainnya Human Disqualification ini adalah drama Korea melodrama 2021 yang masih on going dan tayang setiap sabtu dan minggu sejak bulan September 2021. Ini diperankan oleh Jeon Do Yeon dan Ryu Jun Yeol.

Baca Juga, Kuy! Review Drakor 18 Again dan 11 Pelajaran yang Bisa Dipetik

Lost punya cerita yang relate dengan diri kita sekarang. Boo Jung si ghost writer dan Kang Jae menyadari bahwa dirinya belum bisa menjadi apapun dalam kehidupannya. Mereka sering merasa cemas berbarengan dengan bertambahnya usia dan kesepian juga kehilangan dan ingin menjadi kaya. Sejak keduanya bertemu, pikiran mereka pun mulai berubah. Tontonlah di Iqiyi untuk melihat tindakan apa yang mereka ambil supaya kehidupan terasa bermakna.

6. Uncontrollably Fond

Aktor Kim Woo Bin memerankan Shin Joon-young adalah seorang aktor terkenal namun didiagnosis menderita tumor ganas di otaknya dan hanya bisa hidup tiga bulan lagi. Karena kabar yang tiba-tiba itu, Joon Young memutuskan untuk menyembunyikan penyakitnya dari orang-orang terdekat khususnya para penggemar.

Noh Eul yang dimainkan Bae Suzy bekerja sebagai produser film dokumenter sehingga dia mendapatkan tugas untuk membuat film dokumenter mengenai Joon-young, sebelum aktor kenamaan itu meninggal. Noh Eul berusaha mati-matian membujuk Joon Young agar mau direkam, tapi pria itu terus menolak. Lama kelamaan, muncullah benih-benih cinta di antara keduanya. Apakah Shin Joon Young bisa tetap hidup? Temukanlah jawabannya dengan menonton drama berjumlah 20 episode ini.

7. Mother

Menjadi drama Korea melodrama 2019 yang dibintangi hot mommy Lee Bo Young ini menceritakan tentang hubungan ibu dan anak yang tak sedarah. Soo Jin rencananya akan pergi ke Islandia untuk melakukan penelitian. Sambil menunggu waktu keberangkatan, Soo Jin memilih untuk mencoba jadi guru temporer di sebuah sekolah dasar. Disinilah dia bertemu dengan Kim Hye Na yang diperankan aktris cilik Heo Yool.

Soo Jin menyadari Hye Na sering di-bully karena berpenampilan kotor, belum lagi ada banyak lebam pukulan di tubuh gadis kecil itu. Setelah mengunjungi rumah Hye Na, Soojin jadi tahu kalau itu ulah ayah tirinya. Sebenarnya Soo Jin merasa sedih melihat kondisi Hye Na, tapi wanita itu tak dapat melakukan apa pun karena sebentar lagi harus pergi ke Islandia.

Baca Juga, Kuy! Rekomendasi 10 Film Pendek Indonesia Yang Mendapat Penghargaan!

Namun saat mau berangkat, Soo Jin tiba-tiba menemukan Hye Na ada di kotak sampah depan rumahnya dan di sekujur tubuhnya terdapat luka lebam dan bekas cekikan di leher. Wanita itu pun memilih untuk merawat Hyena bagaikan putri kandungnya. Itu berarti dia harus membatalkan penelitiannya.

Setelah hubungan ibu dan putri angkat itu dekat, tiba-tiba Soo Jin dituduh melakukan penculikan anak karena belum mengadopsi Hyena secara legal. Soo Jin tak mau hubungan mereka berakhir, jadi dia menempuh jalur hukum supaya bisa mengadopsi Hyena. Apakah Soo Jin menang di pengadilan? Temukan jawabannya dengan menonton 16 episode resmi di Viu.

8. Move to Heaven

drama korea melodramatic
drama korea melodramatic

Geu-ru yang masih remaja ditinggal mati ayahnya sehingga untuk bertahan hidup dia perlu melanjutkan usaha unik dan langka ayahnya. Usaha itu bernama Move To Heaven yang menawarkan jasa menghapus trauma dengan membersihkan barang-barang dan harta benda orang yang telah meninggal. Mereka juga membersihkan tempat kematian untuk orang meninggal atau keluarga yang berduka.

Geu-ru tinggal dan menjalankan bisnis tersebut bersama pamannya yang baru bebas dari penjara. Paman Geu-ru yang bernama Sanggu, menyadari kalau ponakannya menderita sindrom Asperger. Sindrom Asperger adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya sulit berkomunikasi dan bersosialisasi, ini adalah spektrum autisme. Drama ini dijamin akan membuat penonton menangis haru dan belajar mengenai mental health.

9. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Drama yang satu ini berisi aktris dan para aktor papan atas, yakni IU, Lee Joon Gi, Kang Ha Neul, Nam Joo Hyuk, Ji Soo, Baek Hyun EXO dan lain-lain. Moon Lovers adalah drakor melodrama 2016 yang sampai saat ini masih ditonton dan dirindukan banyak orang, abis endingnya greget parah bikin penonton jadi gagal move-on. Seperti apa sih kisahnya?

Kala itu Go Ha Jin yang sedang sedih karena dikhianati melihat seorang anak yang tenggelam, ia pun buru-buru terjun untuk menyelamatkannya. Tapi sial, Ha Jin malah terbawa arus dan tenggelam. Eh bangun-bangun, dia sudah ada di tubuh Hae Soo yang adalah anggota keluarga istana.

Ternyata tubuh anak yang dimasuki Ha Jin ini punya kepribadian periang, sehingga gak sulit baginya menerima cinta banyak orang, termasuk kesembilan pangeran. Dimulai ia bertemu para pangeran, terjadilah berbagai konflik yang menyeret kehidupan Hae Soo di istana. Drama ini disebut punya awal yang kocak namun akhir yang menyedihkan. Silahkan tonton Moon Lovers di Viu.

10. When My Love Blooms

Aktris Lee Bo Young memang terkenal oleh drama maupun filmnya yang bagus-bagus, istrinya aktor Ji Sung ini memang pinter deh milih drama! Salah satunya adalah When My Love Blooms yang adalah drakor melodrama 2020 dan dibintangi oleh Yoo Ji-tae, Lee Bo-young, Park Jin-young, dan Jeon So-nee.

Baca Juga, Kuy! 10 Rekomendasi Film Remaja Hollywood Wajib Ditonton!

Jae Hyun bertemu kembali dengan wanita yang disukainya bernama Yoon Ji Soo di depan rumah ibu wanita itu. Rasanya cinta Jae Hyun pada wanita itu bersemi kembali. Tapi ini sudah lewat dua dekade sehingga tentu banyak hal telah berubah. Yoon Ji Soo saat ini sudah menjadi seorang ibu dan harus berjuang menghidupi keluarganya sebagai pekerja kontrak. Jae Hyun pun begitu, dia sudah berubah dari yang dulunya bersifat baik menjadi pria ambisius yang gila harta walaupun dirinya sendiri sudah kaya.

Pertemuan Jae Hyun dan Ji Soo yang tak disengaja ini membuka kembali kenangan mereka saat masih muda, ketika masih menjadi mahasiswa. Drama ini punya alur maju-mundur, yang kisah masa mudanya diperankan oleh Jin Young Got7 dan Jeon So-nee. Penonton akan dibuat berdebar menyaksikan kisah mereka sambil bertanya-tanya apa alasan yang membuat keduanya berpisah? Dan cemas menunggu jawaban apakah cinta mereka akan bersemi kembali?

Nah itu tadi 10 drama Korea melodrama terbaik yang bisa masuk list tontonanmu! Ada yang drakor melodrama 2019 sampai 2021. Rencananya mau nonton yang mana nih? Susah milih ya? Sama! Rasanya mau nonton semua tapi mata cuman dua dan ada baju menumpuk yang perlu dicuci wkwk. Atau ada yang pernah kamu tonton nih? Yuk, sharing bareng!

41 KOMENTAR

  1. Wow, banyak banget rekomendasi film melodramanya nih Kak.
    Aku belum ngikutin film Korea nih, jadai belum hafal nama-nama dan wajah aktor-aktrisnya.
    Kalau dari reviewnya, film melodrama tuh menguras energi ga?

    • Wah gitu ya kak, boleh nih dicoba nonton satu dulu hehe nanti pasti jadi ketagihan๐Ÿ˜‚

      Iya kak drakor melodrama tuh nguras energi karena nangis dan jadi beban pikirankan haha, biasanya kalau ada scene yang bikin mewek badan auto lemes. Tapi meski begitu genre melodrama tetap aku nonton karena ada sensasinya tersendiri gituu.

  2. Dari 10 drakor melodrama di atas, saya baru nonton Winter Sonata. Itu pun nontonnya di televisi yang penuh iklan hehehe. Lainnya Full House dan Endless Love.
    Dan yang suka, jalinan alurnya bagus, pemainnya natural. Asalkan episodenya tidak terlalu panjang, karena akan melibatkan banyak pemain dengan beragam konflik.

    • Wahhh kakak ternyata penonton drakor zaman old ya haha.

      Iyaa alurnya bagus ga bertele-tele, ceritanya unik dan kemampuan acting pemainnya oke banget pada masa itu. Ga heranlah ya, winter sonata ini jadi pembuka tersebarnya drakor ke Asia.

      Nah samaan kak, aku juga ga terlalu suka drakor yang episodenya puanjang! Capek nonton dan biasanya alur jadi kurang bagus karena terlalu panjang cerita.

  3. Melodrama yang menarik nih untuk dijadikan wishlist.
    Btw, yang winter Sonata itu daku sering dengar. Tapi belum pernah nonton. Nggak nyangka itu drama udah lama ya.

    • Iya itu ngehits banget kak pada zamannya, aku inget banget waktu kecil itu booming dan ditonton mamaku wkwk.

  4. MOVE TO HEAVEN itu kayaknya ada ajaaa tiap episode bikin mewek. Tapi nggak sekadar mewek sih, dapet value yang oke juga. Salah satu best korean drama ever sih, bikin aku memandang kematian dengan cara berbeda. Kalau yang lain sih yang melodrama ngenes abis, MOON LOVERS ya kayaknya, sampe sekarang masih belum trima aku dengan endingnya!

    • Dari deretan melodrama di atas, belum pernah nonton semua cuma pernah tahu aja judulnya hehe. Jujur aku nggak terlalu mengikuti yang namanya drama atau film serial. Lebih suka yang sekali tonton habis, daripada penasaran kelanjutannya hehe. Tapi belakangan nonton juga Penthouse sampai season 3, itu pun aku loncatin biar cepet selesai wkwkwk.

      • Wah kak Yustrini tipe bapak aku nih, kalau diajak nonton drakor atau yang berepisode gitu gak pernah mauu! Sukanya nonton film aja karena dua jam langsung kelar cerita๐Ÿ˜‚.

        Tapi meski nguras waktu sesekali asik coba nonton drakor, ada sensasinya tiap nunggu episode tuh. Tapi Penthouse 3 menunjukkan kakak orangnya sabar ya๐Ÿ˜† puanjang banget tuuh.

    • Iyaaa kak Arai, Move to Heaven itu salah satu drakor yang banyak nguras air mata. Sedih banget sama kisah hidup mereka dan jadi belajar tentang penyakit mental.

      Kalau moon lovers kayaknya sejuta umat masih gagal move on ya sama drama itu๐Ÿ˜‚ nanggung bangett tapi gak bakal ada season 2nya.

  5. saya tuh sebenarnya suka sama drama korea tapi kaya ga ada waktu gitu buat nonton drama berepiaode2 jadi baca bgini aja udah kebayang ceritanya..

    • Eheiii samaan mbak yuu, aku juga suka bet drakor karena cerita-ceritanya yang menarik tapi kalau ditonton semua bisa tepar badan iniii. Makanya aku suka baca atau nonton review dan rekomendasi yang menuliskan sebagian besar cerita drakornya, jadi pahamlahh.

  6. Drakor banyak banget y peminatnya n produktif banget keluarin berbagai seri drama tiap tahunnya, baca artikel ini mungkin bisa jadi panduan untuk temen2 yang cari melodrama Korea

  7. Pernah nonton film Winter Sonata, berasa melo kak dan ikutan baper tiap nonton adegan demi adegan yang ditampilkan. Jadi pengen nonton drakor lainnya. Secara aku suka yang melo. Apalagi disaat pandemi begini pasti butuh tontonan menarik selama di rumah ya. Terimakasih rekomendasi drakornya kak. Cus deh nonton.

    • Aishhh ketemu teman sepermellow-an an nih wkkwkw. Iya kak aku juga nonton ulang Winter Sonata, terakhir nonton waktu masih di tayangin di TV sekitar tahun 2000-an dan masih kecil banget. Nonton legalnya bisa di aplikasi Vidio ya kakk

  8. Penasaran sama winter sonata kira-kira bakal sama dengan film terdahulu gak ya, dulu trend banget filmnya

  9. banyak juga ya drama Korea yang melodrama gini, diantara 10 ini cuma familiar namanya aja beberapa itu juga dari hasil baca blogpost teman-teman yang review, klo ndak salah hanya Winter Sonata aja yang dulu sempat ditonton karena happeningnya ๐Ÿ˜€

  10. belum pernah nonton satupun sih
    tapi di pendengaranku, yang paling viral tuh Winter Sonata yak
    bikin cewe-cewe bermelo-melo ria

    • Iyak, sejauh ini drakor dengan genre melow yang paling populer itu Winter Sonata karena sampai menyebar se-asia kan. Trus diikuti deh sama Mr. Sunshine yang dapat predikat drakor terbaik.

  11. Sebagian sudah aku tonton nih. Tapi yang paling ku ingat adalah winter sonata, soalnya drakor ini adalah termasuk drakor perdana yang aku tonton di zaman masih SMP. Bahkan sebelum adanya full house.

    • Oh iyaa winter sonata deluan ya baru full house. Aku kadang suka ketuker sama dua drakor legend itu haha. Ku rasa itu dua drakor itu drakor pertama yang aku nonton baru disusul The heirs. Soalnya ngehits banget waktu aku kecil banget kayaknya bahkan belum SD

  12. Meski sama-sama melodrama, tema ceritanya bervariasi banget ya. Perlu kuagendakan buat nonton, nih. Terutama Move to Heaven.

    • Pilihan yang bagus! Move to Heaven wajib banget deh kak ditonton, daku suka bangett. Emang drama original Netflix itu jarang ngecewain.

  13. Sudah nonton 5 diantaranya
    Paling senang yang Hymn of Death karena aktornya my fave
    Semoga segera dia punya drama baru

    • Wah kakak sepertinya suka nonton drakor ya hahaha. Tos dululah kita!

      Kalau aku nonton Hymn karna ceritanya sih eh ternyata yang main pemeran lakinya Lee Jong Sukk doi aktor Korea pertama yang aku suka karena senyumnya๐Ÿ˜š.

      Eh kabarnya sih Jong Suk bakal ada drama terbaru sama Yoona, kita tunggu sama-sama yak!

  14. Saya belum nonton semua karena biasanya suka yang menonjolkan uwu-uwu romantis gitu. Kalau yang sedih-sedih kurang suka, bukan karena apa karena nanti mata bengkak hahaha. Tapi makasih rekomennya kak ^^

    • Hahaha sama aku juga suka genre romantis tapi belakangan ini bosen aja dan pengen menggalau wkwkwk.

  15. Dari deretan drama di atas aku hanya baru nonton yang When My Love Blooms doang itupun nggak sampai episode terakhir karena keburu sibuk dengan kerjaan. Tapi penasaran banget sama Mr. Sunshine. Kapan-kapan nonton ah.

    • Wah sayang dong, ayo lanjutiinn kak! Wkwkwk. Iya jangan lewatkan mr,sunshine ya kak, itu drama sumpah kerenn banget maklumlah ya namanya salah satu drakor dengan biaya produksi termahal.

  16. ya ampun winter sonata masuk list. ini drakor pertama yang aku tonton di indosiar sejak masih kecil banget wkwkwk. dan emang bagus banget :’)

    • Samaa kak aku juga nonton waktu masih kecill banget dan nonton ulang karena oengen nostalgia hwhwhw.

  17. Hwaa noted buat sangu malam minggu nih kak <3 yeyy
    perlu banget diselingi sama drama mellow setelah nonton action berdarah2

    • Jangan donk kak, tujuan nonton melodramakan buat keluarin air mata lol nanti mata jadi perih lho๐Ÿ˜›

  18. Ternyata banyak banget ya drakor melodrama. Duh sebagai penonton drakor baru, enaknya nonton yang mana deluan ya? Maunya sih ceritanya gak terlalu berat tapi nguras air mata๐Ÿ˜.

    • Asikk welcome to dunia perdrakoran kak huehehe ๐Ÿ˜€ awas ntar kecanduan lho!๐Ÿ˜‰

      Kalau aku saraninnya nonton Youth of May kak, itu konflik dan ceritanya ringan tapi banjir air mata kita dibuatnya dan tahun 2021 ini youth of may jadi drakor terbaik bagiku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here