drama korea 18 again

Hei Teens! Baru-baru ini drakor 18 Again telah menyelesaikan penayangannya dengan episode terakhir yang berakhir happy ending. Meski selama penayangannya di TV Korea JTBC mendapatkan rating rendah, namun di IQiyi (Aplikasi yang mirip dengan Netflix, Viu, dll) drama ini sukses menempati posisi nomor satu lho.

Lantas, menurutmu apa yang membuat drakor 18 Again ini menjadi sangat populer? Tentu saja karena jalan ceritanya yang ringan dan lucu😉.

18 Again bercerita tentang seorang pria paruh baya bernama Hong Dae Young yang tiba-tiba kembali menjadi anak SMA berumur 18 lagi setelah berhasil melemparkan bola basket ke keranjang, semalam sebelum perceraiannya. Dia mulai menjalani hidup baru dengan identitas baru dan mengejar mimpi sebagai pemain basket yang belum pernah ia raih.

Namun dalam tubuh mudanya, dia mulai mengetahui sisi lain dari keluarganya, dan menggunakan kesempatan ini untuk lebih dekat dan melindungi keluarganya.

Kdrama 2020 ini diperankan oleh Kim Ha-neul, Lee Dohyun, Yoon Sang Hyun, Hwang In Yeop, Choi Bo-min, Roh Jeong-eui, Han So Eun, dll.

Drama Korea 18 Again ini berjumlah 16 episode dan tayang setiap senin-selasa.

Memang, kesuksesan drama yang pertama kali tayang di bulan september ini disebabkan karena jalan ceritanya yang menarik. namun tak dapat dipungkiri, paras rupawan para pemainnya juga turut serta lho dalam membuat 18 Again menjadi favorit pemirsa.

Tapi ada hal lain lagi nih, dari drama ini yang membuatnya mampu menggaet hati para netizen. Apakah itu? Itu adalah pelajaran-pelajaran bagus yang dapat ditarik dari 18 Again.

Nah berikut ini, beberapa pelajaran yang bisa diambil dari drakor 18 Again:

1. Hargailah Waktu

Setelah Hong Dae Young menjadi muda, dia mulai melihat sisi lain dari keluarganya. Bagaimana dia selama ini tak ada bersama mereka di masa sulit. Bagaimana pilihannya untuk lebih sibuk bekerja demi mensejahterakan keluarganya ternyata salah. Dan perlakuannya pada keluarga.

Biasanya, karena sudah sangat lama hidup bersama keluarga, kita jadi mulai menyepelekan semua momen dan keberadaan mereka layaknya itu sudah jadi hal yang sepantasnya. Tapi ketika mereka udah gak ada di dekat kita, barulah kita menyadari pentingnya mereka dalam hidup.

Karena itu, selagi ada, hargailah waktu kita bersama keluarga. Hargai mereka. Sayangi mereka. Dengarkan mereka. Main bersama mereka. Tertawa bersama mereka. Jangan kerja atau handphone tross! nanti nyesel lho.

2. Pentingnya Komunikasi Dalam Keluarga

Salah satu penyebab utama retaknya hubungan keluarga Hong, dikarenakan kurangnya komunikasi dalam keluarga. Ini menyebabkan masing-masing anggota keluarga jadi menarik kesimpulan sendiri dan mulai berspekulasi.

Terkadang, kita memang punya alasan tersendiri mengapa tidak menceritakan apa yang kita alami pada keluarga.

Seperti dalam drama ini, Hong Dae Young yang enggan menceritakan tekanannya di tempat kerja pada keluarga karena nggak mau anak dan istrinya khawatir. Tapi, itu justru membuat pria paruh baya ini jadi stress sendiri dan melampiaskannya pada keluarga.

3. Jangan dibutakan cinta!

Hal paling mendasar yang menjadi problem pasangan utama di drama ini adalah saat Jung Da Jung hamil di usia muda. karena kecerobohan mereka yang membuat Da Jung hamil diluar nikah, masa muda mereka pun berantakan. Cita-cita menjadi pemain basket dan pembawa acara yang sudah di mimpikan pupus seketika.

Jadi pelajaran buat para remaja, kadang kita nggak berpikir mengenai banyak hal di masa puber. Tapi sebelum dibutakan cinta, gunakan dulu otak buat berpikir masa depan ya gaes :D.

4. Belajar Tanggung Jawab

Yup, meskipun tindakan Dae Young dan Da Jung yang dibutakan cinta tak bisa dibenarkan, tapi kita patut salut dengan sifat bertanggung jawab besar dari kedua orang tua muda ini. Mereka menolak keras aborsi, meskipun itu berarti mereka juga harus memadamkan cita-cita mereka. Dan berusaha membesarkan anak secara mandiri tanpa bergantung pada orang tua.

Walaupun kita tidak berada di posisi mereka, tapi ini bisa jadi pelajaran berharga bagi kita bahwa apa yang sudah dimulai harus di pertanggung jawabkan sampai akhir.

5. Pengorbanan Orang Tua

Tahukah kamu bahwa diluar sana orang tua kita mempertaruhkan nyawa demi memberi makan dan membesarkan kita? Mereka bekerja keras, tak jarang seperti Hong Dae Young dan Jung Da Jung diperlakukan secara tak adil, dibuat semena-mena oleh klien atau atasan, dan rela berlelah-lelah dari pagi sampai sore supaya bisa membiayai uang sekolahmu agar kamu bisa menjadi sesuatu kelak.

Kita hendaknya mengapresiasi kerja keras dan pengorbanan mereka dengan mengucapkan terima kasih yang tulus, memeluk, dan meringankan beban mereka sebisa mungkin. Misalnya dengan membereskan rumah, berhemat, dan berusaha mandiri.

6. Penting bagi orangtua untuk bisa mempercayai anak-anak

Apakah ada pembaca orang tua disini?

Sebagai orangtua, kalian nggak perlu terlalu over protektif. Memang protektif itu perlu, dan kami menghargainya karena itu bukti kalau kalian sayang pada kami. Tapi, kami juga ingin privasi. Ada sebagian hal yang tidak kami ceritakan pada kalian orang tua, karena alasan tertentu. Yakinlah, kami bisa mengurus diri sendiri dan tidak akan berbuat sesuatu yang buruk.

Papa Hong Dae Young berpesan ke Ko Woo Young yang adalah Dae Young berumur 18 tahun, bahwa sebagai orangtua memang penting waspada, tapi tidak perlu khawatir berlebihan dan curiga dengan kehidupan anak yang tidak pernah kita lihat.

7. Pentingnya komunikasi dalam hubungan orang tua-anak

Yo, Teens! Pernah gak kamu merasa keselll banget waktu orang tuamu sering ngomel panjang lebar, atas sesuatu yang kamu lakukan tanpa tau alasan kenapa kamu melakukannya? Itu wajar ya, dan sangat sering terjadi. Tapi, itu semua disebabkan karena kurangnya komunikasi dalam hubungan orang tua-anak.

Seperti layaknya di drakor ini, Hong Sia benci pada ayahnya karena sering marah-marah tanpa tahu penyebabnya. padahal Sia gak tahu, alasan ayahnya suka marah-marah itu karena mengkhawatirkan masa depannya. Jadi kita percaya bahwa…

“Tidak ada orangtua yang mau menghancurkan hidup anak-anak mereka” – Hong Dae Young

So, saat kamu mulai merasa kesal, coba pikirkan juga alasan kenapa mereka mengomelimu. Kalau merasa ada yang kurang enak dihati, gunakan mulut untuk speak up! Itukan fungsinya mulut?

8. Orang tua selalu menyayangi anaknya dengan caranya sendiri

Ada peribahasa yang bilang, rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri yang artinya milik orang lain biasanya kelihatan lebih baik daripada apa yang kita miliki. Kita pasti pernahkan membandingkan perlakukan orang tua kita dengan perlakuan orang tua tetangga ke anaknya ‘kan?

Tapi kita harus ingat, bahwa perlakuan setiap orang tua kepada anaknya berbeda-beda. Ada yang menunjukkan kasih sayangnya dengan melimpahkan harta, ada yang dengan secara gamblang, dan seperti Hong Dae Young dengan berkorban dan memberi kasih sayang serta dukungan dari belakang.

Meskipun setiap perlakuan orang tua berbeda-beda, kita tentu bisa yakin bahwa mereka sangat menyayangi anaknya. Jadi, kita hendaknya menanggapi kasih sayang orang tua dengan baik dan mensyukurinya.

9. Tak ada kata terlambat dalam mengejar mimpi!

Benar jika dibilang Da Jung sudah nggak muda lagi dan seorang ibu yang seharusnya sibuk membesarkan anak. Tapi… lantas kenapa?

Umur bukanlah suatu hal buruk yang menjadi penghalang dalam mewujudkan mimpi. Asal punya kemampuan dan kemauan mimpi macam apapun itu pasti akan terwujud! Lagipula, ada yang bilang kalau orang semakin tua itu semakin berkharisma lho😁.

10. Setiap kesabaran pasti membuahkan hasil

Yang udah nonton dramanya pasti salutkann sama kesabaran Da Jung menghadapi berbagai masalah yang menerpanya demi menggapai cita-cita? Dan memang, kata-kata “Usaha tak pernah mengkhianati hasil” benar adanya. Di episode terakhir Da Jung di ceritakan sukses menjadi pembawa acara di bidang olahraga.

Ini bisa jadi motivasi dan pelajaran bagus bagi kita ketika mengalami banyak masalah. Kita bisa meniru Jung Da Jung untuk tetap sabar dan terus berpikiran positif serta bersikap baik pada orang yang menindas kita.

11. Pentingnya dukungan orang terdekat

Ettss! Selain tetap berpikir positif, hal lain lagi yang membuat Jung Da Jung tetap kuat menghadapi berbagai badai di tempat kerjanya juga karena mengingat dukungan keluarga dan sahabatnya lho!

Jadi tau ‘kan seberapa penting dukungan orang terdekat itu? Nah, kita bisa tiru hal bagus ini dengan menjadi pendukung bagi orang lain. Entah mendukung keluarga ataupun teman kita, karena dukungan kita bisa menjadi kekuatan bagi mereka.

Beberapa quotes favoritku:

“Saat hujan orang bisa mengukur seberapa besar cinta mereka, bahkan saat berbagi payung, saat semua orang memegang di sudut berbeda, jelas terlihat betapa besar cinta mereka” – Jung Da Jung

“Jangan berkecil hati, di sekolah atau dalam kehidupan, selama kau pandai dalam satu hal tidak ada yang bisa meremehkanmu”- Hong Dae Young

Nah itu tadi 11 pelajaran utama yang dapat dipetik dari drama Korea 18 Again JTBC. Meskipun sudah tamat, sepertinya 18 Again bakal terus membekas nih di hati para fans. Dan, tentu wajib masuk dalam list kdrama 2020 terbaik! Tertarik menonton?

27 KOMENTAR

  1. Ini drakor yang menariiik banget.
    Plot, konflik, akting pemain, message semuanya cihuy
    Beneran seru dah kalo nonton nih drakor

  2. Walaupun ceritanya ringan, tetapi sarat dengan pelajaran, ya. Kadang-kadang syaa pribadi suka mengkhayal kalau bisa balik ke muda lagi ada beberapa hal yang mau diperbaiki. Nah, drakor ini bagus juga. Saya suka tema family begini.

  3. Hargai waktu dan jangan dibutakan cinta. Pesan menarik yang suka gak suka harus dibisikin nih ke telinga-telinga muda-mudi yang doyan banget pacaran atau pamerin pacar. Hehehe. Serial yang menarik.

  4. wah saya maju mundur nih mau nonton ini
    Pingin nonton karena ada Kim Ha-neul,
    Males nonton karena orang dewasa kok jadi anak kecil lagi
    Pernah nonton “still 17” (pemerannya aktris yang sekarang jadi Mr Queen), dan beerakhir kecewa

    huhuhu ….

  5. Jujur sebagai drakor lover 18 again salah satu list yang belom sempet di tonton. Makanya baca review ini makin penasaran sih.. fix tar malem maraton hahaha

  6. Aku kok jadi teringat dengan drakor 18 vs 29 ya? Tapi kalo yang 18 again ini kayaknya versi cowok yang 18 ya? Kalo yang 18 vs 29 itu rasanya sih versi ceweknya. Haha, lupa-lupa inget nih. Ok, masukin list ah di daftar drakor yang kudu ditonton.

  7. Cerita bagus, pemeran film rupawan, hikmah menawan dalam melakoni kehidupan. Seru sepertinya untuk sebuah ulasan cerita

  8. Salah satu KDrama yang masuk dalam list to watch saya nih. Meskipun ratingnya cenderung rendah, tapi banyak temen yang bilang kalo 18 AGAIN layak buat ditonton karena alur dan topik ceritanya yang menarik.

    Ternyata banyak banget poin yang bisa diambil dari KDrama ini ya Mbak Josephine. Terutama soal komunikasi dan menghargai waktu dan kesempatan yang diberikan kepada kita. 2 hal yang sering banget kita lupakan makna pentingnya.

    • Bener kak, komunikasi dan menghargai waktu dalam keluarga itu sangat penting! Soal rating, memang ya rating gak bisa jadi patokan bagus nggaknya sebuah drama🔥.

  9. Mantap! Ternyata ada banyak pelajaran yang bisa dipetik ya dari K-Drama satu ini ya.

    Ohya, drama ini juga bisa ditonton di Netflix lho. Meskipun aku juga install iQiyi, tapi nonton di Netflix lebih nyaman buatku.

    8 Again sudah aku masukkan list tonton sejak tahu di sana ada Hwang In-yeop. Aku penasaran lihat akting dia di drama lain sejak liat di True Beauty.

    • Wah, ternyata udah masuk Netflix ya? Baru tau. Kalau aku salah satu alasan nonton 18 Again kemarin karena mau liat In-yeop sebelum true beauty tayang😁

  10. Wah nambah lagi nih rekomendasi drama korea yang kece, jadi pengen nonton nih, kayanya menarik buat ditonton karena banyak nilai yang bisa diambil ya

  11. Wuidddiiih banyak juga ya ternyata pelajaran yang bisa kita ambil. Terlepas kita sbg ortu ya harus bisa mempercayai anak, dan tentu harus berani bertanggung jawab.
    Mudah2an bisa nonton drama ini juga dlm waktu dekat

  12. korea ini jago bener ya kalo bikin tema beginian. rasanya nemu tema serupa, tapi tetep aja beda dan hal barunya yg menarik.

  13. Drama ini bikin mewek, apalagi pas Da Jung banyak masalah yang dihadapi dikerjaan. Pokoknya aku dukung Da Jung jadi pembawa berita. Sedihnya ketika jobnya disabotase rekan kerja dan atasannya hiks.

    • Iyakan, padahal waktu itu Da Jung udah kerja keras. Kemampuannya seakan-akan gak terlihat karena tertutupi oleh usia tuanya😔

  14. Wah ini kisah pria paruh baya yang kembali ke.masa usia SMA 18 tahun yah.. inspiratif.. jadi pelajaran berharga. Jangan menyia-nyiakan waktu. Gunakan untuk yang berguna. Karena waktu tidak akan kembali lagi. Dan kesabaran akan berbuah manis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here