cara menurunkan berat badan untuk remaja

Cara menurunkan berat badan untuk remaja. Hei, Teens! Hayoo, ngaku nih siapa yang semenjak pandemi kerjanya ngemil mulu? Mana sambil main HP entah itu buat ngegame, main medsos, atau nonton. Tos dululah ngab, kita sama✋😂. Emang ya, yang paling enak di dunia ini tuh adalah rebahan sambil main HP dan ngemil. Tapi ternyata, ini jadi salah satu faktor utama berat badan kita naik lho. Oh, no!

Nah, pasti nggak enakkan kalau liat angka yang naik di timbangan atau lagi ngaca di cermin lihat badan gemukan? Faktanya punya badan yang gemuk itu bisa berpengaruh banget sama rasa percaya diri kita dan juga kesehatan. Karena itu kali ini aku mau berbagi sepuluh cara menurunkan berat badan untuk remaja yang kalau dipraktekin, niscaya deh bakal ampuh nurunin berat badanmu ke berat badan ideal! Simak yaa, berikut ini.

1. Buat Tujuan yang Sehat dan Masuk Akal

Memang, tujuan utama kita adalah menurunkan berat badan ke berat badan yang ideal, tapi yang jadi fokus utama kita hendaknya ke arah kesehatan. Seperti memperbaiki pola makan bukannya malah diet gak makan sama sekali, rajin olahraga tapi nggak olahraga yang berlebihan, dan paham betul kalau setiap orang punya tubuh yang berbeda sehingga kamu gak bisa jadi seperti artis yang ini atau yang itu.

2. Perbanyak Aktivitas Fisik

Perbanyak aktivitas fisik atau yang butuh banyak bergerak bisa jadi cara menurunkan berat badan secara alami yang efektif! Karena secara gak langsung, banyak bergerak membuat tubuh membakar kalorinya.

Kamu bisa memperbanyak aktivitas fisik dengan melakukan kegiatan olahraga, jalan-jalan ke mall, berkebun, atau membantu pekerjaan rumah. Selain bermanfaat menurunkan berat badan, sibuk dalam kegiatan fisik juga dapat sangat membantu meningkatkan suasana hati para remaja yang suka moody-an dan juga sudah terbukti mengurangi gejala depresi atau stres.

3. Kurangi memakan makanan manis

Bagi kebanyakan orang, makanan manis itu ibarat belahan jiwa yang tak bisa terpisahkan. Rasanya, hidup tanpa makanan manis itu hambar deh! Tapi ternyata, mengonsumsi makanan manis atau dengan kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan berat badan naik lho, diabetes, gigi berlubang dan masih banyak lagi.

Selain itu makanan manis juga mengandung protein dan serat yang rendah, hal inilah yang malah meningkatkan rasa laparmu sehingga kamu makan berlebihan sepanjang hari. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi makan makanan manis ya geng!

4. Berbanyak Makan Makanan Bergizi

Diet sih diet, tapi ingatlah kita itu masih remaja yang dalam masa pertumbuhan. Jadi penting bagi kita memenuhi kebutuhan nutrisi seperti fosfor dan kalsium yang banyak. Kita bisa memenuhinya dengan rutin makan sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan lain-lain.

Faktanya dengan mengonsumsi makanan berprotein, kamu tidak hanya menerima gizi yang dapat membantu pertumbuhanmu, namun juga mendorong menurunkan berat badan. Lebih bagus dari pada makan makanan manis bukan?

5. Jangan Coba-coba Hindari Lemak!

Sekali lagi ingat, kita masih remaja! Karena itu kita cenderung lebih banyak membutuhkan lemak dibandingkan orang dewasa. Memang ini dapat menaikkan berat badan (kalori), tapi nggak semua lemak begitu kok!

Ada lemak sehat yang malah bisa bantu kamu nurunin berat badan secara sehat! Yaitu dengan mengkonsumsi berbagai kacang, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, dan ikan berlemak. Sebaiknya hindarilah makanan yang digoreng dan makanan manis yang dipanggang karena itu adalah sumber lemak tidak sehat!

6. Jauhi Fad Diet

Tahukah kamu program diet yang katanya hanya dalam jangka waktu pendek dapat menurunkan berat badan secara drastis? Itu disebut fad diet. Biasanya, metode yang digunakan adalah mengurangi nutrisi tertentu yang tentu saja efeknya merugikan bagi kita para remaja.

Karena itu, daripada fokus menurunkan berat badan secara cepat, lebih baik menurunkan berat badan secara lambat, namun tetap konsisten dan sehat dari hari ke hari.

7. Yuk, Perbanyak Makan Sayur!

Seperti yang kita semua tahu, sayuran diperkaya akan vitamin, mineral, dan serat yang adalah nutrisi penting bagi tubuh manusia. Selain itu, sayuran juga mengandung serat dan air yang bisa membuat kita jadi merasa kenyang setelah makan, sehingga mengurangi kemungkinan makan berlebihan sepanjang hari. ada banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa para remaja yang rajin mengkonsumsi sayuran, berhasil mencapai dan menjaga berat badan mereka tetap sehat.

8. Melewatkan Makan, Bukanlah Cara Terbaik!

Ini serius, aku udah sering lihat orang diet dengan cara nggak makan. Tapi, bukannya membantu menurunkan berat badan, ini malah berbahaya karena bisa membuat kita makan lebih banyak sepanjang hari karena lapar. Jadi, daripada nekat melewatkan makan atau lebih memilih makan cemilan tinggi gula, lebih baik para remaja makan makanan secara seimbang.

9. Jangan Makan dan Minum Minuman Diet Friendly atau No Sugar

Diet Friendly atau No Sugar seringkali kita jumpai di sejumlah bungkusan-bungkusan cemilan, gula, dan makanan-makanan kemasan lainnya. Ini adalah strategi marketing yang bagus untuk menarik perhatian orang-orang yang sedang diet. Namun ternyata, kebanyakan produk-produk tersebut malah mengandung pemanis buatan, lemak tidak sehat, dan bahan lainnya yang tidak baik untuk kesehatan.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan, pemanis buatan seperti aspartam dan sukralosa telah dikaitkan sebagai penyebab masalah kesehatan seperti sakit perut, migrain, dan bahkan penambahan berat badan. Jadi, alih-alih membeli makanan diet, cobalah makan makanan yang utuh, tidak diolah, dan mengenyangkan.

10. Praktek Makan Dengan Sadar

Sebagai remaja, kita biasanya sering makan makanan atau camilan saat sedang nonton, di perjalanan, atau main ponsel. Sehingga seringkali sangking asyiknya dengan kegiatan kita, kita nggak sadar ternyata sudah makan berlebihan.

Ini tentu saja bukanlah kebiasaan yang baik! Nah, dengan mencoba praktek makan secara sadar, kita diharuskan makan perlahan, sambil duduk di meja makan, dan mengunyah makanan dengan pelan. Hal ini dapat sangat membantu mengatur berat badanmu. Di praktekin ya!

11. Minum Cukup Air

Ini pasti udah nggak asing lagi untukmu, karena memang agar cantik minum cukup air adalah kunci segala-galanya! Ini lebih bagus bukan, dibanding minum minuman manis? Air putih malah dapat mengurangi konsumsi kalori berlebih dan mendorong penurunan berat badan yang sehat.

Manfaat minum air:

  • Menekan nafsu makan
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Membuat otot-otot tubuh jadi ringan
  • Mengurangkan asupan kalori cair
  • Meningkatkan kecerdasan berpikir
  • Mengurangi stres pada remaja
  • Mempercantik diri

Tahukah kamu bahwa ada cara menurunkan berat badan dengan air putih? Caranya gampang, cukup minum 500 liter air 30 menit sebelum makan pagi, siang, dan malam. Ini dapat membantumu mengatur nafsu makan.

12. Kurangilah Stres

Masa bupertas remaja adalah masa dimana kita punya emosi yang enggak stabil. Selain itu, karena masih duduk di bangku sekolah, kita dihadapkan dengan PR yang tak ada habisnya. Hal-hal inilah yang seringkali menjadi faktor para anak muda sering stres.

Stres sangat berpengaruh pada berat badan, karena itu menyebabkan perubahan hormon misalnya peningkatan kadar hormon kortisol yang dapat meningkatkan rasa lapar ingin makan terus. Terlibat dalam aktivitas seperti yoga, meditasi, berkebun, olahraga, dan menghabiskan waktu di luar ruangan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan perasaan rileks.

13. Milikilah Cukup Waktu Tidur

Untuk remaja, normalnya waktu tidur yang benar itu adalah 7-8 jam per malam. Tidur itu cukup penting supaya bisa menjaga berat badan yang sehat. Dalam sebuah studi, ditunjukan bahwa orang dewasa yang tidak cukup tidur biasanya mempunyai berat badan berlebih dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur.

Kamu mungkin menderita insomnia, sehingga membuatmu kesusahan untuk memenuhi normalnya waktu tidur pada remaja. Padahal itu sangat penting bukan? Nah, kamu bisa praktekkan 13 Cara Cepat Tidur di artikel ini. Good luck!

14. Buat Jadwal Olahraga

Apa pun cara menurunkan berat badan yang kamu lakukan, itu semua sia-sia tanpa ada aktivitas fisik atau olahraga. Kita bisa membuat jadwal olahraga agar lebih teratur menjalankannya, dan lakukanlah olahraga yang sudah pasti bisa konsisten kamu jalankan.

Contohnya dengan berjalan kaki tiga puluh menit setiap hari. Sebuah penelitian mengatakan bahwa olahraga ini ternyata jauh lebih efektif dibandingkan melakukan olahraga intens tapi tidak teratur.

15. Jangan bandingkan diri

Sering melihat idol Korea, main media sosial, dan berada di lingkungan teman yang punya paras rupawan, bisa menjadi tekanan bagi para remaja untuk ingin terlihat cakep dan merasa tidak puas dengan apa yang dia punya seperti berat badan.

Tapi para remaja harus ingat, kalau tubuh semua orang itu berbeda dan masing-masing punya keunikan tersendiri. Saat memutuskan ingin menurunkan berat badan, kamu harus yakin bahwa tujuan utamamu adalah demi kesehatan, menjadi lebih bahagia, dan jadi tambah percaya diri. Janganlah membanding-bandingkan diri dengan orang lain, karena kecantikan itu relatif.

16. Biasakan Makan Cukup Sampai Tidak Lapar

Daripada makan sampai kenyang atau sebaliknya diet sampai mampus, cara terbaik menurunkan berat badan dalam hal makan adalah dengan makan sampai sudah nggak merasa lapar lagi. Kenapa begitu? Karena saat tubuh sudah sampai tahap kenyang, artinya kamu sudah kelebihan energi atau bahan bakar.

Budayakanlah makan saat lapar dan stop saat sudah tidak merasa lapar lagi. Karena katanya, jumlah karbohidrat, protein, dan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh tergantung dari berbagai faktor.

17. Lakukan Diet Militer

Selain cara cepat tidur ala militer, ternyata ada juga lho cara cepat menurunkan berat badan dengan diet militer. Nah, karena tujuan utama diet ini adalah diet cepat yang hanya boleh kamu makan adalah yang rendah kalori dan sedikit karbohidrat.

Contohnya nih, kamu bisa sarapan minum secangkir teh, kopi, atau susu hangat tanpa gula ditemani sepotong roti panggang yang dioleskan dua sendok selai favorit dan sedikit buah-buahan. Makan siangnya, kamu bisa coba gantikan isi roti panggang tadi dengan daging rebus. Selanjutnya begitu pula dengan makan malam.

Baca Juga, Kuy!: 10 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Remaja

Lakukan diet militer ini selama tiga hari dalam seminggu, lalu lihatlah sendiri bagaimana berat badanmu turun drastis! tapi ini nggak terlalu disarankan ya, karena tadi remaja butuh makan banyak, tapi kalau kuat ya silahkan saja.

18. Tetapkan Target Berat Badan yang Mau Dicapai!

Dengan punya target berat badan yang mau dicapai, kamu akan punya motivasi yang kuat untuk menjalankan rencana menurunkan berat badanmu! Kamu bisa mengambil secarik kertas kemudian menuliskan target kilogram yang dicapai berapa, rencana menurunkan berat badannya seperti apa, dan jangan lupa tuliskan batas waktu atau deadline dietnya! Kalau nggak tercapai juga gapapa kok, itu hanya sebagai dorongan saja.

19. Makan Teratur Dengan Porsi Kecil Namun Sering

Hal ini juga bisa dicoba dengan makan sedikit setiap saat entah itu setengah dari porsi makan biasanya atau bahkan sepertiga. Dengan melakukannya secara teratur, dalam sebulan atau kurang kamu mungkin bisa mendapat berat badan yang kamu inginkan.

20. Makan yang Baik itu…

Ada yang bilang makan pagi itu makanan rakyat biasa, makan siang makanan raja, dan makan malam makanan orang miskin. Artinya saat makan pagi kamu bisa makan makanan ringan saja seperti makan telur rebus, oatmeal, jus buah, susu rendah lemak, dan lain-lain. sementara makan siang, kamu bisa makan nasi dengan daging dan sayur, lalu malam hari dengan buah-buahan.

Cara ini dijamin ampuh dan ini adalah pola makan sehat yang seimbang. Meskipun turun berat badannya perlahan, tapi kamu sudah mencukupi kebutuhan yang dibutuhkan tubuh dan bisa kuat beraktivitas sepanjang hari.

21. Minum Suplemen

Menjalankan cara menurunkan berat badan untuk remaja

Berikut itu tadi 21 cara menurunkan berat badan untuk remaja yang bisa kamu pilih mana yang mau kamu praktekan. Hindarilah diet ketat, sebab itu tidak baik bagi para remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan banyak protein. Tapi kalau memang mau diet, boleh saja. Cuman, perhatikanlah poin-poin berikut ini:

  • Punya alasan kuat kenapa perlu menurunkan berat badan dan pastikanlah alasannya itu demi kesehatan. Kemudian lakukan diet perlahan-lahan bukan tiba-tiba karena dapat menyebabkan tubuh kaget atau drop.
  • Jangan berlebihan dalam diet.
  • Sesekali gagal melakukan cara diet nggak masalah kok! Tapi jangan keseringan ya, karena akan membuat proses penurunan badan melambat bahkan gagal.
  • Punya teman-teman atau keluarga yang mendukung dietmu. Karena punya lingkungan yang mendukung itu bisa sangat membantu kita konsisten menjalankan diet.
  • Jangan memaksakan diri, kalau merasa tubuh tidak bisa untuk diet hari ini ya berhenti saja.
  • Baca banyak motivasi-motivasi untuk menurunkan berat badan karena itu dapat memotivasi kamu.

Oke, itu saja. Pikirkan baik-baik dan jalankan poin-poin di atas itu ya kalau memang mau menjalankan diet. Jangan lupa praktekan cara menurunkan berat badan untuk remaja tadi agar berat badanmu bisa sesuai keinginanmu. Kalau ngasih tambahan, kritikan, dan mungkin spill hasil menjalan salah satu cara menurunkan berat badan untuk remaja di atas tadi, silahkan komen 😀 makasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here