cara mengatasi kecanduan gadget

Gambar: iStock

10 cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja. Hei, Teens! Sebagai anak muda, kita pasti tak akan lepas ya dari yang namanya gadget atau alat elektronik. Gadget itu bisa dibilang sudah seperti belahan hidup yang selalu dibawa kemana-kemana dan kita menghabiskan paling banyak waktu dengannya.

Apalagi di era serba digital sekarang, gadget bisa membawa banyak manfaat. Seperti bisa membantumu mengerjakan PR, membantu belajar berbagai hal agar menjadi pribadi yang lebih cerdas kedepannya, menghibur kala sedang jenuh, mempermudah pekerjaanmu, mendapatkan teman baru, juga bisa menghubungi keluarga atau teman yang tinggal jauh tanpa perlu repot, dan bahkan menghasilkan uang.

Tapi perlu diingat, kalau kita tidak hati-hati, kita bisa kecanduan gadget lho! Ini bisa terjadi baik pada anak, remaja, atau orang dewasa. Dan, itu bisa membawa dampak buruk pada diri sendiri.

Nama penyakit kecanduan gadget adalah nomofobia. Ini berasal dari kalimat “no-mobile-phone-phobia”.

Apa saja dampak kecanduan gadget pada anak, remaja, dan orang dewasa?

  1. Susah tidur, akibat mata yang terus menerus menerima cahaya dari alat elektronik.
  2. Karena selalu sibuk dengan ponsel, kita mungkin jadi tidak fokus pada apa yang kita lakukan sehingga mengakibatkan kehilangan barang atau pekerjaan.
  3. Tubuh perlahan-lahan menjadi rusak, karena selalu membungkuk, duduk, dan melihat gadget.
  4. Selain rusak diluar, kecanduan gadget juga bisa merusak di dalam yaitu psikolog kita.
  5. Tidak bisa fokus belajar.
  6. Kurang empati pada sekitar.
  7. Bisa juga kehilangan teman-teman dan bahkan hal terpenting dalam hidup seperti keluarga dan nyawa.

Apa penyebab kecanduan gadget?

Beberapa penyebab kecanduan gadget bisa jadi karena…

  1. Notifikasi yang masuk terus menerus.
  2. Kurang pengendalian diri.
  3. Penasaran.
  4. Pengaruh lingkungan seperti sekolah, teman, tempat kerja, tetangga, dsb.
  5. Tidak bisa tidur.

Apa ciri-ciri kecanduan gadget?

Coba perhatikan baik-baik ciri-ciri berikut ini, dan anggukan kepala jika merasa ada salah satu ciri-ciri yang pas denganmu:

  1. Merasa kesal atau marah kalau tidak bisa pakai gadget.
  2. Panik berlebihan saat baterai tinggal sedikit.
  3. Terlalu lama main alat elektronik, misalnya sampai berjam-jam.
  4. Jadi kurang tidur karena selalu main gadget dan memeriksa pesan.
  5. Membuatmu jadi jauh dari teman-teman dan keluarga.
  6. Menerima teguran dari teman-teman dan keluarga.

Kalau kamu menjawab Ya, untuk salah satu atau semua pertanyaan, selamat kamu sudah kecanduan alat elektronik! Maka dari itu, berikut ini cara mengatasinya.

Cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja

Ada beberapa cara yang bisa dicoba. Pertama, kita bisa tentukan berapa lama waktu yang digunakan untuk bermain HP, laptop, atau tablet. Misalnya aku nih, kalau untuk main media sosial aku tentukan waktu satu jam setiap hari, begitu pula dengan nonton dan hiburan lainnya.

Kedua, saat sedang bepergian, gak ada salahnya kalau kita taruh gawai jauh-jauh. Eetss! Tapi jangan jauh banget ya, pastikan itu di dalam lingkup yang kalau ada telepon kamu masih bisa dengar. Dengan begitu, kita jadi lebih menikmati pemandangan yang ada di sekitar.

Ketiga, Saat sedang makan atau kumpul keluarga, berinisiatiflah mengajak keluarga untuk mengumpulkan alat elektronik di suatu tempat bersama. Agar lebih menantang, siapa yang duluan ambil gadgetnya harus beresin rumah! Yakinlah, waktu bersama keluargamu jadi terasa lebih asyik dan bakal lebih kompak.

Keempat, tentukan dalam satu hari kegiatan yang membuatmu bebas dari gadget. Entah itu berolahraga, membaca buku, tidur siang, dan lain-lain. Sehingga, matamu bisa beristirahat dari cahaya yang dihasilkan alat elektronik dan kamu pun dapat menghirup udara segar!

Baca juga, yuk! Ini Dia 10 Kegiatan yang Dapat Dicoba Pada Saat Musim Hujan!

Kelima, matikan alat gadgetmu sebelum tidur. Ini dapat sangat membantu, supaya tidak tergoda untuk bermain alat elektronik di malam hari dan tidak penasaran saat ada pesan yang masuk. Dijamin, tidurmu akan lebih nyenyak dan bangun di pagi hari dengan segar.

Keenam, jangan gengsi! Mintalah seorang teman (yang baik) atau anggota keluarga untuk membantumu berubah. Kamu bisa minta mereka untuk mengingatkanmu kalau kamu sudah terlalu lama bermain alat elektronik.

Ketujuh, carilah hobi lain yang menarik hatimu sehingga pikiranmu teralihkan dari gadget. Jangan lupa untuk mematikan notifikasi yang masuk.

Kedelapan, pahami bahayanya kalau kecanduan gawai, itu mungkin akan berefek menimbulkan rasa takut sehingga kamu jadi lebih hati-hati.

Kesembilan, hapus aplikasi yang membuatmu tergoda atau menghabiskan paling banyak waktumu dengannya. Seperti media sosial dan game. Kamu bisa tidak memainkan aplikasi itu, sampai kamu yakin betul sudah tidak terlalu terobsesi dengannya. Aktor yang berperan sebagai Spiderman, Tom Holland pernah mencoba cara ini.

Kesepuluh, apapun caranya, tanpa pengendalian diri dan disiplin semua itu gak akan ada gunanya. Jadi dari sekarang, mulailah belajar mengendalikan diri serta disiplin. Perlahan-lahan, kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang tegas dan disenangi juga dikagumi banyak orang.

Nah, itu tadi 10 cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja. Ingatlah, gadget itu seperti pedang bermata dua. Kalau digunakan dengan baik akan mendatangkan manfaat, kalau digunakan dengan salah dapat membunuh. Jadi dari sekarang, bijak-bijaklah menggunakan alat elektronik ya! Tidak ada yang bisa mengatur dirimu selain dirimu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here