cara percaya diri walau jelek
cara percaya diri walau jelek

Cara Percaya Diri Walau Jelek. Hei, Teens! Remaja mana coba yang nggak pernah ngalamin yang namanya kurang percaya diri? Bahkan orang dewasa aja banyak! Masa-masa kita mulai mencari jati diri biasanya bikin kita jadi kurang percaya diri sama diri kita sebenarnya, terutama kalau di depan orang asing atau banyak orang.

Biasanya kita paling nggak percaya diri karena penampilan ‘kan? Seperti judul artikel ini, mungkin kamu merasa jelek makanya nggak percaya diri! Padahal penampilan yang kurang menarik bisa diatasi kalau percaya diri!

Nah karena itu kali aku mau berbagi cara-cara meningkatkan rasa percaya diri pada remaja. Sebagai sesama remaja, aku harap cara menumbuhkan rasa percaya diri pada remaja dalam berbagai situasi ini bisa membantu ya! Dan diaku it works kok, walau sering juga masih merasa nggak pede hehe. Check it out yuk!

Cara Percaya Diri Walau Jelek Dalam 10 Situasi!

1. Cara Percaya Diri Saat berbicara

Kamu kalau ketemu orang terutama orang baru rasanya nggak pedean? Takut kalau ngomong salah dan orang lihat betapa jeleknya kamu? Sejujurnya meski kamu jelek banget sekalipun, asal saat ngomong kamu percaya diri dan nyambung pasti fisik nggak bakal jadi yang utama dilihat orang kok!

Cara percaya diri dalam berbicara emang gimana? Of course yang utama adalah lihat mata lawan bicara. Biasanya sih ini yang jadi penyakit orang nggak percaya diri, matanya suka kabur kemana-mana!

Baca Juga Kuy! 10 Cara Mengatur Keuangan Remaja, Nggak Susah Kok!

Terus kalau ngomong yang jelas ya, jangan kumur-kumur! Itu bikin kamu malah jadi nampak banget nggak percaya dirinya. Selain itu, pastikan gerakan dan mimik wajah nggak seperti orang malu-malu. Percaya deh, terapin tiga cara percaya diri berbicara sama orang ini aja kamu bakal langsung nampak berbeda dan bikin berkesan di mata orang lain! Tips cara percaya diri andalan aku nih!

2. Cara Percaya Diri Di Depan Banyak Orang

cara percaya diri di depan banyak orang
Gambar: Istock

Diharuskan menjadi pusat perhatian misalnya saat presentasi atau bawa acara itu sumpah nggak enak bangetkan? Orang yang penuh percaya diri atau berpengalaman presentasi atau jadi MC aja masih suka tremor, apalagi kita?

Nah cara percaya diri saat presentasi atau di depan banyak orang sebenarnya nggak susah kok. Kamu hanya perlu percaya diri dan berani. Cara agar percaya diri dan berani gimana? Yang pasti kamu harus tahu apa yang mau kamu katakan.

Karena itu kamu perlu mempersiapkan baik-baik apa yang mau dipresentasikan atau yang mau diucapkan. Jangan lupa untuk berdiri tegak, sering membuat kontak mata dengan penonton dan anggap saja penonton-penonton itu orang yang kamu kenal lama. Cara agar percaya diri saat berbicara di depan umum itu wajib kamu coba deh.

3. Cara Percaya Diri Di Depan Umum

Sering merasa nggak pede pergi keluar rumah dan ke tempat ramai seperti mall? Entah itu karena kamu merasa bajumu aneh atau penampilan kamu jelek. Well, don’t worry, banyak orang juga gitu kok. Tenang aja, cara percaya diri tampil di depan umum nggak susah kok.

Cara agar percaya diri di depan umum yang paling aku saranin adalah masa bodoh aja sama sekitar. Toh, orang-orang yang kita temui di tempat umum kebanyakan bukan orang yang kita kenal. Just be yourself, karena mikirin tanggapan orang lain bikin sakit kepala!

4. Cara Percaya Diri Dengan Penampilan

Aku tuh orangnya nggak percaya diri, bahkan sampai sekarang. Dulu aku sampai nggak berani lihat wajah di cermin atau selfie karena merasa penampilanku buruk rupa banget!

Tapi aku belajar untuk percaya kalau aku juga orangnya cantik lho! Terus aku lawan rasa takut lihat wajah aku dengan sering lihat kaca, nggak ada hari absen tanpa lihat kaca deh! Wkwk.

Baca Juga Kuy! 10 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Remaja

Aku juga nggak puas begitu aja dengan penampilanku. Aku mulai perawatan dan ganti gaya rambut yang aku rasa cocok supaya bisa bikin aku percaya diri. Perbaiki fashion dan ekspresi wajah juga. Tapi kamu mungkin masih kurang percaya diri karena jerawatan, kamu bisa coba cara di bawah ini.

5. Cara Percaya Diri Walau Jerawatan

Kamu mungkin sudah rajin perawatan, tapi karena hormon atau tipe muka kamu memang sering jerawatan aja. Ini bisa jadi bikin kamu nggak pede, tapi jangan dipikirkan karena sejatinya kalau kamu tampil percaya diri dari postur tubuh dan raut wajah, jerawat kamu bukan jadi fokus utama orang lain kok!

6. Cara Percaya Diri Di Depan Kamera

cara percaya diri di depan kamera
Gambar: Istock

Bahkan aku sendiri yang adalah seorang content creator sampai detik ini masih nggak percaya diri sama yang namanya di depan kamera entah buat foto atau video. Rasanya suara aku jelek, muka aku apalagi! Makanya awal-awal tuh foto-foto aku, aku edit.

Tapi syukurlah, seiring berjalannya waktu aku jadi mulai pede sama muka dan suara aku di kamera. Aku malah jadi lebih suka muka asliku. Jadi karena itu aku simpulkan cara agar percaya diri saat foto adalah coba dulu deh ambil banyak foto kamu dalam berbagai gaya dan lihat hasil fotonya.

Emang awalnya kamu merasa malu lihat diri sendiri dan cara ini emang ekstrim sih, tapi percaya deh kamu jadi terbiasa lihat dirimu di foto dan perlahan-lahan kamu jadi terima muka kamu yang sebenarnya.

7. Cara Percaya Diri Di Depan Wanita Atau Pria

Kamu tipe yang fine-fine aja kalau sama sejenis, tapi begitu ketemu yang lawan jenis jadi kaku dan canggung karena nggak percaya diri? Biasanya nih karena kamu anak tunggal atau terbiasa bergaul hanya sama sejenis. Jadi ketemu lawan jenis nggak pede dan malu. Cara percaya diri kepada wanita atau sebaliknya berikut ini mungkin bisa kamu coba.

Baca Juga Kuy! 6 Ide Pekerjaan Untuk Remaja SMP & SMA Yang Menghasilkan Uang!

Cara percaya diri terhadap wanita atau pria paling gampangnya bagiku adalah tetap jadi diri kamu aja. Seperti apa tingkah laku kamu ke sejenis, perlakukan juga lawan jenis begitu. Jangan merasakan ada perbedaan, karena itu bikin kamu nggak pede. Justru lawan jenis lebih suka lho kalau kita jadi diri kita sendiri!

8. Cara Percaya Diri Mendekati Wanita Atau Pria

Suka sama orang lain emang sering banget bikin kita malah jadi nggak pede karena kita merasa kita itu nggak cocok atau kurang untuk orang kayak dia. Hasilnya kita jadi nggak percaya diri deh mau PDKT.

Tapi jangan insecure gitu dong! Kamu harus percaya diri di depan doi! Cara percaya diri didepan pria atau wanita harus gimana dong? Seperti yang banyak aku bilang, cukup jadi diri kamu sendiri aja! Biasanya waktu ngedeketin orang yang disuka itu kita suka lakukan hal bodoh, tapi kamu jangan begitu! Kamu harus terus pegang akal sehat, persiapkan mental dan tunjukkan kesungguhan hati.

9. Cara Agar Percaya Diri Di Sekolah

Nggak percaya diri ke sekolah pasti karena lihat teman lain lebih cakep dari kamu. Aku betul nggak? Ya kalau begitu, caranya kamu harus memperbaiki diri dan penampilan supaya nggak kalah dong! Tapi kalau kamu masih gak pede, bodo amat aja! Orang muka kamu dari pabriknya gitu, jadi santai lurr! Kalau ada yang ejek, ejek balik­čśÄ.

Baca Juga Kuy! 10 Pekerjaan Di Masa Depan Yang Remaja Bisa Pelajari Sekarang!

10. Cara Percaya Diri Sendiri

Sebenarnya kalau kita udah percaya diri sama diri sendiri, sembilan situasi di atas mudah hadapinnya kok. Tapi love yourself itu nggak semudah ngomongnya bukan!? Aku sendiri butuh waktu yang panjang untuk percaya diri walaupun sekarang masih nggak pedean.

Dua hal cara agar percaya diri atau cara bisa percaya diri yang aku lakukan adalah menghindari hal-hal yang bisa bikin jadi tambah aku nggak percaya diri kayak foto-foto cewek cantik yang bikin insecure dan cari hal-hal unggul dalam diriku yang teman-temanku nggak ada. Itu bikin aku perlahan jadi percaya diri.

Aku ada tulis novel tentang bagaimana seorang tokoh dari yang super nggak percaya diri jadi bisa percaya diri. Novel itu sebagian besar aku ambil dari pengalamanku berproses bisa percaya diri. Judul bukunya CANTIKA dan kamu bisa baca online di Storial. Di bawah ini linknya! Aku harap novel tulisanku itu, bisa membantu anak-anak remaja bahkan orang dewasa sekalipun untuk jadi bisa mencintai diri dan percaya diri!

Bagaimana cara percaya diri dari aku? Kamu punya kritik atau tambahan? Cara mana yang mau kamu coba? Coba kamu terapin dan please banget kasih tahu aku hasilnya ya? Aku ingin tahu! Sekian cara percaya diri dengan wajah jelek, dari aku! Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here