resep jamu kunyit asam
Gambar: Pixabay

Resep jamu kunyit asam. Hei, Teens! Taukah kamu kalau jamu sudah jadi minuman tradisional Indonesia yang diakui Unesco dan dipercaya sudah ada ratusan tahun yang lalu di daerah Jawa yaitu sekitar zaman kerajaan Mataram? Meski jamu seringkali tidak begitu disukai karena rasanya yang nggak enak akibat menggunakan bahan-bahan herbal dan mentah, tapi jamu itu baik lho!

Jamu baik karena dia merupakan minuman yang tergolong minuman sehat sebab bisa memberi banyak hal positif bagi tubuh lho! Karenakan dia terbuat dari bahan-bahan herbal ya? salah satu yang terkenal punya banyak manfaat adalah jamu kunyit asam! kamu perlu tau deh apa aja manfaat jamu kunyit asam, karena manfaatnya tuh segudang! Aku bakal sebutin sedikit ya, dan sekalian serta resep jamu kunyit asam biar bisa dibikin sendiri! Yuk, check it out!

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena jamu kunyit asam mengandung senyawa-senyawa aktif seperti kurkumin, senyawa-senyawa inilah yang dipercaya bisa membantu tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit yang datang dengan merangsang produksi sel-sel kekebalan, seperti sel darah putih.

2. Memperbaiki Pencernaan

Bahan utama dari jamu kunyit asam, adalah kunyit dan asam jawa. Kedua bahan utama ini diketahui masing-masing punya manfaat yang bisa membantu pencernaan. Karena kunyit akan merangsang produksi empedu oleh hati, yang diperlukan untuk mencerna lemak, sementara asam jawa akan mengatur kadar asam dalam lambung, dan ini bisa mencegah gangguan pencernaan seperti masalah maag.

Baca Juga, Kuy! 10 Resep Makanan Ringan Snack Untuk Dijual, Enak Banget!

3. Mengurangi Peradangan

Selain kurkumin dalam kunyit bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita, kurkumin dalam kunyit juga bisa berperan sebagai agen anti inflamasi alami yang telah terbukti mengurangi peradangan dalam tubuh.

Jadi dengan mengkonsumsi rutin jamu kunyit asam bisa membantu mengurangi risiko terjadinya peradangan kronis, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti arthritis, penyakit jantung, dan bahkan kanker.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk kesehatan, jamu kunyit asam juga bisa bermanfaat untuk kecantikan lho! Ini karna asam jawa kaya akan vitamin C dan antioksidan. Sementara itu vitamin C penting untuk memproduksi kolagen dalam kulit, yang menjaga elastisitas dan kelembaban kulit.

Dan antioksidan dalam asam jawa juga bisa membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya. Jadinya kulit kamu bakal tetap sehat dan cerah seiring waktu!

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Penyakit kronis yang berbahaya bisa datang darimana saja, tapi kamu bisa menurunkan risiko terkena penyakit itu, dengan jamu kunyit karna dia mengandung antiinflamasi, antioksidan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kita terkena berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Baca Juga, Kuy! 10 Makanan Korea Terenak Yang Populer, Kamu Wajib Coba!

Itu baru sebagian ya, masih ada banyak lagi manfaat jamu kunyit asam dan setiap orang disarankan untuk meminumnya secara rutin, demi kesehatan yang lebih prima. Nah sebenarnya cara bikinnya gampang banget kok dan rasanya juga segar! Berikut aku spill ya resep jamu kunyit asam biar bisa dibikin secara rutin!

Resep Jamu Kunyit Asam

manfaat jamu kunyit asam
Gambar: Pixabay

Bahan dari resep jamu kunyit asam ini simpel banget kok, hanya…

  • 200 gram kunyit
  • 250 gram gula merah
  • 100 gram asam jawa
  • 1.500 ml air
  • 1/2 sendok teh garam

Pertama-tama kita perlu bakar kunyitnya terlebih dahulu, kemudian diparut halus. Selanjutnya, rebus parutan kunyit serta gula merah, asam jawa, air dan garam sampai mendidih. Setelah itu disaring dan didinginkan.

Kamu bisa menikmati jamu kunyit asamnya secara dingin maupun panas! Udah, sesimpel itu! Jadi nggak ada alasan buat nggak rutin minumnya ya!😜 Meskipun badan lagi nggak sakit.

Apalagi kamu terutama perlu minum jamu kunyit asam ini kalau lagi mengalami gejala-gejala sakit yang ringan biar langsung terobati, seperti perut kembung, gangguan pencernaan, mual, atau merasa tubuh lagi perlu menambah sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga, Kuy! 10 Resep Makanan Ringan Dengan Bahan Seadanya Cocok Untuk Remaja!

jamu kunyit asam juga bagus langsung diminum saat lagi nggak enak badan atau lagi ada masalah sama perut atau pencernaan. Apalagi di musim yang sedang tak menentu seperti sekarang sebentar-bentar hujan dan panas gini, yang bikin makin mudah sakit.

Makanya perlu banget jaga daya tahan tubuh dengan minum jamu kunyit asam. Kalau misalnya nggak sempat bikin sendiri dan nggak ada yang jual, aku saranin kamu beli yang instan aja! Ada kok jamu kunyit asam yang tinggal seduh dari Sidomuncul, harganya murah dan bisa buat beberapa kali minum lagi.

Apalagi bikinnya jadi praktis dan hemat waktu! Toh, manfaatnya sama aja. Ingat, kami perlu rutin minum jamu kunyit asam karena ada banyak manfaat jamu kunyit asam yang bakal kamu rasakan!😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here