Hei Teens! Apa kamu sedang gabut? bosan? Atau kepingin baca sesuatu gitu? Nah pas banget nih, kali ini aku mau rekomendasi webtoon remaja yang cocok untuk mengisi waktu kosongmu selama berlangsungnya masa pandemi ini!

Tapi sebelum itu, kita kenalan singkat dulu yuk dengan Webtoon! Sebenarnya Webtoon itu apa sih?

Nah, singkatnya Webtoon adalah tempat baca komik gratis secara digital. Tak hanya gratis, di Webtoon pun komiknya lengkap dalam segala genre. Menjadikan aplikasi ini yang paling populer diantara aplikasi baca komik lainnya.

Namun sayangnya, nggak semua komik di Webtoon ini dikhususkan untuk para remaja. Malahan ada lebih banyak komik yang eksklusif untuk anak kuliahan atau sudah dewasa.

Karena itu, aku selaku pembaca setia webtoon dari tahun 2018 menulis rekomendasi Webtoon ini untuk membantu para remaja sekalian agar lebih mudah menemukan webtoon yang sesuai umur. Dan tentu saja bahasanya pun Teenlit ya, khas remaja banget!

Untuk rekomendasi part satu ini akan fokus pada webtoon yang membahas persahabatan✨. Yuk, simak!

1. Friends

Source: instagram/@leaf19

Di nomor pertama ada Friends yang mengisahkan tentang Allo dan kawan-kawan yang berusaha menyelamatkan klub musik yang terancam bubar. Untuk itu, mereka mendirikan sebuah band yang diberi nama For Friends. Band ini di anggotai oleh Allo, Edro, Lexy, dan Boem. Lalu, ada Chelsea dan Milka juga yang berkerja dari balik layar.

Of course, mendirikan sebuah band nggak semudah yang dibayangkan. Di awal, Allo harus berusaha keras membujuk Edro untuk masuk ke band mereka, siang bolong lari-larian demi membuat video musik, sampai harus kuat menghadapi hate comment. Belum lagi masing-masing tokoh punya masa lalunya tersendiri.

Webtoon ini sudah tamat dengan season satu yang menghangatkan hati. Sebenarnya, masih banyak hal yang tanggung dan authornya sendiri, yaitu Leaf19 masih mempertimbangkan apakah akan ada season dua atau tidak.

Yah, kita tunggu kabar baiknya saja ya!

2. Revenge Girl

webtoon drama terbaik
Source: Instagram/@home_duck_

Chae Sarang sejak kecil mengidap penyakit langka bernama LOVE12125. Karena penyakitnya ini Sarang dengan cepat jadi populer di dunia maya, dan followers-nya pun mengalahkan para idol.

Tapi, sudah hal umum rasanya kalau popularitas selalu berbarengan dengan kebencian. Ada page dengan 900 ribu lebih anggota yang menebak dan mengharapkan kematian Sarang. Dan semua yang berteman dengannya tak pernah tulus. Inilah mengapa Sarang tumbuh menjadi orang yang sering dijuluki nyebelin.

Lalu, suatu hari Sarang bertemu dengan Gu Eunjo. Eunjo adalah orang pertama yang berani menolak permintaannya, dan ini membuat Sarang jadi tertarik pada Eunjo. Mirip cerita mainstream romantis saja ya? Kekeke.

Baca juga yuk: 5 Rekomendasi Webtoon Romantis Remaja Wajib Dibaca!

Perbedaan sifat, gaya pakaian, dan tingkah laku yang mencolok antara persahabatan Eunjo dan Sarang membuat cerita ini sangat imut! Bahkan banyak yang ngeship mereka lho! Tentu saja dalam hal persahabatan :v.

3. Sofia: Fashion Investigation

Webtoon tentang detektif terbaik
Source: Instagram/@naobunproject

Memang, Webtoon yang satu ini bukan berlatar belakang SMA melainkan kuliah. Tapi, ceritanya yang seru bersama geng fashionnya dan minim romance menjadi alasan kenapa SFI masuk dalam daftar ini. Sofia: Fashion Investigation bisa kita katakan mirip dengan manga Conan versi cewek.

Semua terjadi ketika Sofia, anak dari detektif terkenal yang pintar memecahkan banyak misteri masuk ke akademi Arfa. Arfa merupakan sekolah fashion nomor satu di Indonesia. Namun tak berselang lama, Sofia mulai menghadapi banyak sekali kesialan.

Tentu kesialan ini terjadi bukan karena ketidaksengajaan, melainkan disebabkan oleh seseorang yang mempunyai nama samaran perpelexy Princess. Salah satu murid akademi Arfa yang misterius. Dia akan membawa Sofia mengenal betapa kotornya dunia fashion itu. Melalui teka-teki buatannya!

Meski pembaca komik ini terbilang sedikit, tapi komik ini recommended banget lho, untuk kamu pecinta misteri dan fashion.

4. Girl’s World

webtoon tentang sahabat terbaik
Source: instagram/@morangji3

Cerita persahabatan cewek yang kental? Yuk, kemari!

Sesuai judulnya yaitu dunia para gadis, Girl’s World dimulai dengan sang tokoh utama, Nari yang secara nggak sengaja bergabung ke geng cewek-cewek paling cantik di sekolahnya atau geng para angsa.

Latar belakang Nari yang pernah jadi bual-bualan anak-anak cowok karena gendut membuatnya jadi krisis kepercayaan diri. Inilah yang membuat Nari jadi kurang pede dan gak nyaman saat bersama gengnya.

Padahal ya, walaupun Nari nggak secantik sahabat-sahabatnya, sifat Nari yang sangat perhatian pada sekitar dan supellah yang menjadi alasan mengapa banyak cewek-cewek sayang padanya. Syukurlah, pada akhir season satu Nari akhirnya sukses mengatasi rasa insecurenya dan semakin percaya diri. Seneng deh!

Tak hanya itu, konflik dalam cerita ini dasari oleh realita pergaulan anak perempuan. Membuatnya jadi komik wajib bacaan para perempuan di seputar dunia.

5. Just Friends

webtoon komedi terbaik
Source: Instagram/@clnuna

Setelah Webtoon dengan cerita persahabatan cewek yang kental, sekarang mari berpindah ke Webtoon dengan persahabatan cowok yang kental. Salah satunya adalah Just Friends!

Just Friends menceritakan kisah persahabatan koplak antara Aaron dan Bagas. Dua cowok bujang ini sudah bersahabat sejak SD, dan sangking dekatnya mereka seringkali dikira homo🤔.

Bagas dan Aaron juga punya dua sahabat lain di sekolah. Mereka adalah si sultan Angga dan si kang jones Gilang. Bersama, mereka berempat membangun geng yang terkenal bobrok dan bodoh abis!

Webtoon bergenre komedi ini cukup terbilang sukses. Kenapa? Karena baru satu tahun lebih sejak perilisan perdananya, Just Friends sudah berhasil meraih lebih dari sepuluh juta like! Dan dipencet favorit sebanyak sejuta lebih! Kereen ‘kan?

Nah itu tadi lima rekomendasi webtoon yang cocok untuk remaja. Sekarang, mari lanjut ke part-2 . Tapi sebelum itu, dari kelima tadi mana nih yang paling mencuri hatimu? Komen kuy.

Apa itu webtoon?

Singkatnya Webtoon adalah tempat baca komik gratis secara digital. Tak hanya gratis, di Webtoon pun komiknya lengkap dalam segala genre. Menjadikan aplikasi ini yang paling populer diantara aplikasi baca komik lainnya. Tapi, nggak semua komik di Webtoon ini dikhususkan untuk para remaja. Malahan ada lebih banyak komik yang eksklusif untuk anak kuliahan atau sudah dewasa. Karena itu…

Webtoon adalah

Singkatnya Webtoon adalah tempat baca komik gratis secara digital. Tak hanya gratis, di Webtoon pun komiknya lengkap dalam segala genre. Menjadikan aplikasi ini yang paling populer diantara aplikasi baca komik lainnya. Tapi, nggak semua komik di Webtoon ini dikhususkan untuk para remaja. Malahan ada lebih banyak komik yang eksklusif untuk anak kuliahan atau sudah dewasa. Karena itu…

2 KOMENTAR

  1. Anak pertama saya sedang menjelang usia pra remaja. Jadi saya sedang tahap menyortir bacaan untuknya. Kayaknya sih kisah persahabatan para cewek dalam “Girl World” nih lumayan menarik. Model cerita yang khas remaja banget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here