cara mudah menambahkan brush di photoshop dengan cepat

Cara menambahkan brush di photoshop. Hei, teens! Sedangkah kamu bertanya-tanya, gimana sih cara menambahkan brush di photoshop? Mudah! Kamu hanya memerlukan waktu sekitar dua menit, lho! Tapi sebelum itu… kita ketahui dulu yuk, sebenarnya apa fungsi brush itu? Agar jadi lebih paham.

Fungsi brush di photoshop

Fungsi Brush di Photoshop biasanya dipakai untuk menghaluskan suatu objek, contoh memblurkan atau menghaluskan shading. Meringankan sang desainer dengan bisa menjadi hiasan atau bentuk juga (contoh buah, bulan, dll), membuat ilustrasi dan juga mewarnainya. Bahkan bisa membuat suatu efek, seperti dispersion atau splatter effect lho!

Nah, sama halnya dengan font, brush yang tepat dapat membuat hasil desainmu jadi lebih bagus dan tepat sasaran peminat. Jadi perlu diperhatikan, saat memilih brush pilihlah brush yang tidak terlalu heboh. Dan saat menggunakannya pakai seadanya saja. Tergantung kreatifitas kamu sih.

Okay, sekarang kita sudah selesai dengan bagian fungsi brush di photoshop. Sekarang, mari masuk ke cara menambahkan brush di photoshop! Let’s goo!

Langkah 1: Kuy, berburu dan mendownload Fontnya!

Untuk mendownload font, ada beberapa situs internet yang menyediakannya brush bagus secara gratis maupun premium. Diantaranya ada brusheezy, photoshop roadmap, Brushking, Qbrushes, dan Brushlovers. kalau aku sendiri, paling sering menggunakan brusheezy karena downloadnya gak ribet dan punya banyak variasi.

Tapi Photoshop roadmap pun, gak kalah bagus lho! Banyak ahli Photoshop meletakkan karya-karya brush mereka di situs itu. Untuk contoh cara mendownload font kali ini, aku bakal pakai website Photoshop roadmap. So, kalian bisa buka websitenya juga dan sambil ngikutin tutorialku ini. Agar lebih cepat paham ya.

Nah, kalau sudah menemukan brush yang menarik hati di beranda dan mengkliknya, klik link download di bawah, dan kita akan diarahkan ke website lain. Karena website yang akan diarahkan berbeda-beda, intinya hanya cari kata download. Pencet dan secara otomatis akan terunduh kumpulan brush berupa file zip.

Kalau aku kali ini, websitenya mengarah ke Dribbble. Lihat gambar dibawah ini:

download kumpulan brush photoshop lengkap

Kalau begini sudah selesai, sekarang saatnya kita masuk ke langkah kedua.

Baca Juga, Yuk: Cara Membuat Brush Sendiri di Photoshop

Langkah 2: Extract

Setelah sukses menemukan brush yang kita mau dan mengunduhnya, buka file explorer, cari dimana file zip yang tadi kita unduh berada biasanya ada di downloads, lalu klik kanan pada brush berupa file zip tersebut dan pilih extract here. Hasilnya, akan mengeluarkan file baru yang di dalamnya terdapat file ABR.

Lihat gambar di bawah ini:

cara cepat install brush di photoshop

Langkah 3: Add di Photoshop

Terakhir, waktunya kita masuk ke Photoshop! Buka kanvas apa saja, dan klik brush tool pada toolbar atau cukup B saja pada keyboard. Selanjutnya, pada bar atas pilih brush setting (yang aku garisin merah di gambar) dan akan keluar brush panel, di pojok sudut pada panel temukanlah logo kecil bergambar pengaturan, dan klik kanan lalu pilih import brushes…

Nah, tinggal pilih file brush yang sudah kita extract tadi, dan klik load. Tunggu sebentar, dan beresss! Brushnya sudah ada di dalam brush setting. Dicari yang teliti ya, jika belum menemukannya!

Lihat gambar berikut ini:

cara setting atau memunculkan brush di photoshop

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa nonton video berikut ini:

Nah, itu tadi cara menambahkan brush di Photoshop. Gimana? Bener-bener hanya dua menitkan? Oh ya, mungkin kamu juga bertanya-tanya, gimana ya caranya menghilangkan objek di Photoshop? Kuy, check artikel ini 3 Cara Menghilangkan Objek Di Photoshop Dalam 2 Menit! Thank youu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here