cara menyembuhkan radang gusi
Gambar: Pixabay

Cara menyembuhkan radang gusi. Belakangan ini, penyakit radang gusi sepertinya lagi musim ya? Aku dalam kurang dari setengah tahun belakangan ini sudah dua atau tiga kali kena radang gusi, yang mana nggak enak banget dan ganggu kita beraktivitas sehari-hari.

Sebenarnya radang gusi atau nama lainnya gingivitis ini kondisinya cukup umum sih, di mana terjadi peradangan pada gusi akibat penumpukan plak bakteri di sekitar gigi. Kondisinya memang nggak fatal, tapi tetap aja bikin nggak nyaman sehingga perlu-perlu cepat-cepat disembuhkan.

Makanya aku ada lima cara menyembuhkan radang gusi yang bagus dicoba dan cukup ampuh. Tapi sebelum itu, coba kita lihat apa aja ciri ciri radang gusi, biar kamu yang merasa lagi mengalami radang gusi jadi nggak salah diagnosis!

Baca Juga Kuy! Keuntungan Semprotan Sakit Gigi dibandingkan dengan Obat Sakit Gigi Topikal Lainnya

Ciri-ciri Radang Gusi

1. Pembengkakan dan Perubahan Warna Pada Gusi

Biasanya nih, gusi yang terkena radang cenderung mengalami pembengkakan dan perubahan warna, menjadi lebih merah dan kurang kencang. Ini berbeda dengan gusi normal, karena gusi yang sehat punya tekstur kencang dan berwarna merah muda pucat.

2. Gusi Berdarah

Saat kita menyikat gigi atau menggunakan benang dental, lalu gusi tiba-tiba jadi berdarah, inilah salah satu indikator peradangan pada gusi. Karena gusi yang sehat tidak seharusnya mengalami perdarahan selama kegiatan pembersihan mulut.

3. Gusi Terasa Tidak Nyaman

Saat radang gusi terjadi, muncul rasa nyeri atau perasaan nggak nyaman di area sekitar gusi dan gigi, terutama saat disentuh atau lagi mengunyah makanan.

4. Bau Nafas Jadi Tidak Sedap

Radang gusi sering kali menyebabkan bau mulut yang tidak sedap karena pertumbuhan bakteri di area yang terkena radang.

5. Gigi Terasa Longgar

Saat kondisi radang gusi jadi makin parah, ada terjadi kerusakan pada jaringan penyangga gigi, yang bikin gigi kita terasa longgar. Aku kemarin ngalamin ini, dan hampir mau kedokter gigi sangking takut gigi ku copot beneran hehe.

Baca Juga Kuy! Semprotan Sakit Gigi, Cari Tau Yuk Jenis & Perbedaannya!

Nah itu dia ciri-ciri radang gusi, kalau kamu mengalami hampir semua yang disebutkan di atas berarti kamu positif radang gusi. Tapi jadi penasaran gak sih, apa aja ya penyebab radang gusi? Mana tau ada yang nggak sengaja kamu lakukan makanya jadi kena radang gusi dan jadi bisa menghindarinya di lain waktu!

Nah berikut ini hasil risetku kenapa kita bisa sampai kena radang gusi…

Penyebab Radang Gusi

Seperti yang aku sebutkan di awal, penyebab utama radang gusi atau gingivitis adalah karena terjadinya penumpukan plak bakteri pada gigi dan di sekitar gusi. Plak terbentuk ketika bakteri, sisa makanan, dan lendir bergabung, membentuk lapisan lengket yang menempel pada gigi. Makanya selalu diingatkan untuk rajin menggosok gigi yang bersih (jangan terlalu kencang) agar menghindari resiko ini.

Nah sebenarnya ada penyebab lain lagi yang menyebabkan kita kena radang gusi, yakni…

Baca Juga Kuy! Kenalan Yuk Sama Bahan-Bahan Aktif Semprotan Sakit Gigi

1. Membersihkan Mulut Asal-asalan

Menyikat gigi dan menggunakan benang dental secara tidak teratur atau tidak efektif bisa lho meninggalkan plak pada gigi dan gusi.

2. Merokok atau Menggunakan Produk Tembakau

Zat-zat kimia dalam tembakau dapat merusak gusi, mengakibatkan peradangan dan penurunan kesehatan gusi.

3. Karena Punya Penyakit

Beberapa penyakit umum seperti diabetes, dapat meningkatkan risiko radang gusi. Penyakit gusi juga dapat mempengaruhi kadar gula darah pada penderita diabetes.

4. Perubahan Hormon

Siapa yang udah tau kalau perubahan hormonal selama kehamilan, menstruasi, atau menopause dapat mempengaruhi kesehatan gusi dan meningkatkan resiko gingivitis.

5. Karena Bawaan Genetik

Beberapa individu mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami masalah gusi, meskipun mereka sebenarnya sudah menjaga kebersihan mulut secara baik.

6. Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat, seperti obat antihipertensi, antidepresan, dan obat antikonvulsan, yang dapat mempengaruhi kesehatan gusi.

7. Kekurangan Nutrisi

Jika nutrisi tidak memadai, terutama vitamin C, itu bisa meningkatkan risiko radang gusi. Makanya sangat penting untuk selalu memastikan nutrisi dan vitamin terpenuhi.

8. Akibat Stres

Stres punya banyak dampak buruk, salah satunya radang gusi. Karena stres melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi, termasuk infeksi gusi.

Jadi kita lihat ada banyak hal ya yang bisa jadi penyebab radang gusi. Tapi yang terutama karena masalah kebersihan dan stres. Makanya penting nih untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan menjalankan gaya hidup sehat, serta mengurangi memikirkan hal-hal yang bikin stress. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Tapi karena radang gusi sudah terjadi, tenang saja, ada beberapa cara kok untuk mengatasinya! Kalau kamu lakukan cara-cara ini, kemungkinan radang gusi kamu sembuh bisa sangat besar dan cepat!

Cara Mengobati Radang Gusi

1. Bahan Alami

Ada bahan-bahan alami dan murah yang dipercaya mampu mengatasi radang gusi. Contohnya ada minyak kelapa yang punya sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Berkumur dengan minyak kelapa dapat membantu kamu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab radang gusi.

Kamu juga bisa berkumur dengan campuran air dan cuka apel yang dicampur untuk mengurangi plak, membersihkan mulut, dan meredakan radang gusi. Ada juga baking soda, daun sirih dan sebagainya. Hanya saja cara ini menyakitkan dan nggak nyaman untuk dilakukan.

2. Ke Dokter Gigi

Kalau kamu ke dokter gigi, kamu akan diberikan perawatan profesional yang bisa yang dilakukan dokter gigi untuk menghilangkan plak dan tartar yang menumpuk di atas dan di bawah garis gusi. Kamu juga akan diberikan obat-obat. Hanya saja ke dokter gigi sangat mahal.

Baca Juga Kuy! Lebih Efektif Mana, Obat Sakit Gigi Tablet atau Obat Sakit Gigi Spray?

3. Menggunakan Semprotan Sakit Gigi

Semprotan sakit gigi biasanya jadi pilihan praktis karena tinggal disemprotkan di area gusi yang radang. Ini nggak sesakit dan senggak bikin nyaman menggunakan bahan alami dan juga nggak semahal biaya ke dokter.

Taukah kamu kalau ada semprotan sakit gigi dengan sifat anti inflamasi untuk mengurangi peradangan di sekitar gigi dan gusi dan meredakan rasa sakit? Itu adalah semprotan sakit gigi bernama Cooling 5 Plus yang harganya hanya 30 – 50 ribuan tapi hasil pemakaiannya oke banget.

Cooling 5 Plus adalah obat pereda sakit gigi dalam bentuk spray. Dengan kandungan Phenol Crystal dan Benzocaine yang merupakan antiseptik oral dan anestetik lokal, obat ini ampuh dalam mengurangi rasa sakit pada sakit gigi, radang gusi, dan sakit gigi akibat tumbuh gigi.

Kamu bisa pilih dari ketiga itu mana yang mau kamu terapkan, karena ketiganya sama-sama berfungsi untuk mengobati radang gusimu hanya saja tetap punya plus minus. Semoga cara menyembuhkan radang gusi di artikel ini membantu, ingat untuk mulai kehidupan yang lebih bersih dan sehat pada area gigimu, dan semoga radang gusi kamu cepat sembuh ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here