aplikasi baca novel gratis bahasa indonesia
aplikasi baca novel gratis bahasa indonesia

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia. Hei, Teens! Novel menjadi kesukaan banyak orang, umur berapapun itu! Karena membaca novel itu bisa bikin kita menambah ilmu, melepas stress dan tentu merasakan banyak emosi contohnya jadi deg-degan! Setuju nggak?

Dikalangan anak muda tak terkecuali orang tua juga, lagi populer lho membaca buku dari ponsel atau bisa disebut novel digital. Karena baca buku lewat hp itu lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana! Kalau kamu juga mau mencoba baca novel digital atau sekedar menambah koleksi bacaan novel, kamu bisa coba beberapa aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia yang pernah aku coba! Cek, bareng yuk!

1. Storial

aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin
aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin

Storial rilis pertama kali di tahun 2016 dan saat ini (2022) sudah diunduh lebih dari 100 ribu orang. Di Storial terdapat empat puluh genre seperti teenlit, chicklit, puisi bahkan sampai artikel.

Jadi nggak heran dong kalau sudah tersedia ribuan buku di Storial ini yang ditulis oleh penulis-penulis di seluruh Indonesia baik pemula maupun senior! Ribuan bukunya itu sebagian besar gratis ya.

Tahu nggak yang lebih menariknya lagi? Di aplikasi baca novel gratis tanpa koin ini kamu dapat mengobrol langsung dengan penulisnya dan pembaca lainnya lewat fitur yang disediakan Storial bila penulisnya setuju. Juga kamu dapat menyebarkan langsung lho kata-kata menarik yang kamu baca ke media sosialmu lewat fitur quotes.

2. Wattpad

Kalau Wattpad kamu pasti kenalkan? Pasti dong, soalnya Wattpad tuh aplikasi baca novel Indonesia gratis di android ataupun laptop yang sudah terkenal banget di seluruh dunia apalagi di kalangan anak muda sekarang. Awal keluar di tahun 2006, sekarang rekomendasi aplikasi baca novel gratis ini sudah diunduh lebih dari 100 juta orang lho!

Baca juga kuy!:ย 10 Rekomendasi Manga Yang Sudah Tamat Terbaik!

Buku-buku yang ada di Wattpad wah udah nggak terhitung lagi! Bahkan bisa lebih dari jutaan karena nggak hanya jadi tempat nulis buku, banyak orang juga pakai Wattpad untuk jadi tempat curhat. Kamu dijamin nggak bakal kehabisan bacaan deh di aplikasi baca novel online gratis ini!

Beberapa film box office atau drama populer yang mungkin kamu tahu seperti The Kissing Booth, Mariposa, Dear Nathan, Little Mom dan lain-lain diangkat dari Wattpad lho! Jadi ayo temukan cerita menarik di aplikasi baca novel ini sebelum diangkat menjadi film!

3. Perpustakaan Online

aplikasi baca novel bahasa Indonesia
aplikasi baca novel bahasa Indonesia

Pingin baca novel dari penulis ternama yang bukunya masuk Gramedia? Baca di aplikasi baca novel yang sudah terbit seperti Ijak & Ipusnas jawabannya! Ijak & Ipusnas merupakan aplikasi baca novel dari pemerintah, buku-buku yang ada di aplikasi itu diambil dari perpustakaan-perpustakaan yang ada di Indonesia.

Jadi nggak heran dong kalau di sana novelnya pada berkualitas semua! Misalnya jadi aplikasi baca novel Tere Liye dan aplikasi baca novel Dilan sampai novel Dee Lestari juga tersedia! Yang terpenting, semua novel Gramedia itu bisa dibaca secara gratis. Cobain deh aplikasi baca novel tanpa beli koin ini! Dijamin surganya pembaca novel!

4. Noveltoon

Sebelumnya, Toon hadir dengan aplikasi baca komik China yakni Mangatoon. Tapi karena pembaca novel kian bertambah, jadilah mereka meluncurkan aplikasi baca novel offline gratis Noveltoon yang menampung penulis-penulis pemula dengan tulisan yang menarik dan worth it untuk kamu baca!

Baca juga kuy!:ย 10 Aplikasi Baca Komik Terbaik Bahasa Indonesia Cobain!

Ada fitur audio booknya juga lho! Jadi kamu bisa mendengar suara orang yang membacakan suatu novel sambil kamunya bisa terus beraktivitas entah mengemudi, olahraga atau jadi teman tidur.

5. Webnovel

aplikasi baca novel online
aplikasi baca novel online

Menjadi pilihan editor, Webnovel sudah cukup terkenal juga sebagai aplikasi baca novel bahasa Inggris dan Indonesia yang mendunia seperti Wattpad. Di Webnovel ada berbagai genre dan novel dari seluruh dunia entah Korea, Amerika atau China yang diterjemahkan dengan bahasa yang enak dibaca. Penulis Indonesia juga pastinya ada dong!

Tahukah kamu ada beberapa novel yang sudah diangkat menjadi komik digital atau Webtoon populer? Atau Webtoon populer yang kamu baca bisa kamu temukan versi novelnya di sini.

6. Fizzo

Baru rilis dan gencar pasang iklan dimana-mana, Fizzo sudah diunduh sampai lima juta kali lho! Padahal baru rilis di tahun lalu. Di Fizzo ini tersedia banyak novel yang gaya tulisnya enak dibaca, tersedia banyak fitur-fitur menarik yang memudahkan pembaca! Kamu wajib coba rekomendasi aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia ini deh.

Baca juga kuy!:ย 5 Rekomendasi Webtoon Remaja Yang Asik Banget!

7. Karya Karsa

Ingin membayar langsung ke penulis kesukaanmu tanpa harus menunggu penulis kamu official setelah melewati seleksi yang ketat? Tenang, ada Karya Karsa solusinya! Disini kamu dapat membeli per bab dengan harga yang dipatok si penulis.

Dengan adanya konsep ini, penulis jadi semangat menulis dan kamu pun bisa menerima episode selanjutnya dengan cepat!

Karya Karsa sendiri merupakan aplikasi baca novel di iphone dan androi yang menampung kreator yang karyanya ingin kamu nikmati berdasarkan kategorinya. Mulai dari Komik & Ilustrasi, Penulis & Jurnalis, Youtuber, Podcaster, Musisi sampai Edukasi & Tutorial.

8. Cabaca

Rilis di tahun 2017, Cabaca merupakan aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin resmi yang isinya khusus hanya novel-novel bikinan anak bangsa atau Indonesia. Jangan ragu baca novel di platform baca novel gratis bahasa Indonesia ini karena katanya novel-novel di sana sudah melewati tahap seleksi yang ketat dari editor berpengalaman.

Baca juga kuy!:ย Review Balada si Roy Novel Cocok Untuk Anak Remaja!

Selain itu, Baca novel di aplikasi baca novel terbaik CABACA jadi lebih enak karena sudah dilengkapi fitur pengaturan font sampai penggantian warna latar dari novel yang kamu baca. Ada penulis-penulis terkenal juga lho di sana!

9. Dreame

Sudah terjamin kualitasnya, Dreame yang diunduh lebih dari 10 juta orang terpilih menjadi pilihan editor Play Store lho! Di Dreame tersedia banyak novel menarik baik itu terjemahan maupun bikin orang Indonesia.

Di Dreame ada banyak novel asal China, makanya aplikasi ini sempat dinamai aplikasi baca novel China bahasa Indonesia. Kamu bisa menerima banyak hadiah di aplikasi baca novel gratis offline ini dan menemukan teman baru dengan bergabung di komunitas yang tersedia!

10. Novelah

aplikasi baca novel dapat duit
aplikasi baca novel dapat duit

Baca novel dapat uang? Kenapa nggak ‘kan? Novelah yang sudah diunduh lebih dari sejuta kali ini adalah aplikasi baca novel dapat uang tanpa undang teman yang bisa kamu coba! Sudah banyak lho yang bilang kalau mereka betulan dapat uang hanya dengan membaca di aplikasi baca novel dapat duit ini!

Kamu pasti bakal enjoy pakai aplikasi baca novel terjemahan gratis ini karena ada banyak novel yang tersedia dengan cerita menarik. Hadiah yang didapat hanya dengan membaca di aplikasi ini juga banyak lho! Misalnya tanda tangan kontrak, uang dan lain-lain yang ditukar dengan poin yang kamu dapat. Tertarik?

Nah itu tadi beberapa tempat baca novel gratis bahasa Indonesia yang bisa kamu coba! Kamu tertarik mau baca pakai aplikasi baca novel lengkap yang mana nih? Yuk, terus kembangkan minat membacamu agar generasi kita bisa semakin cerdas!

42 KOMENTAR

  1. JIyaah bisa nambah uang jajan initu, cuma dengan baca novel di aplikasi bisa dapet cuan sambil ngajak temen2 yang lainnya, waah makin numpuk nih uang jajannya buat beli skinker.
    Btw, makasih rekomendasi aplikasi baca novelnya ya, ada beberapa aplikasi yang familiar pernah aku cobak.

  2. Kami sudah lama nggak beli buku, dari keperluan kuliah anak2 sampai fiksi. Harusnya sekarang nggak punya pajangan buku di rumah bukan cerminan orang yg literasi rendah. Aplikasi novel saja segitu banyak. Tapi kalau ada yg masih menganggap rumah tanpa buku itu gimana2 ya terserah heheee

    • Wahh sama nih tante Lusi! Di rumah kami juga nggak ada banyak buku, yang sudah di baca pada dibuang dan emang udah berapa tahun nggak beli buku fisik lagi. Soalnya udah ada digitalkann

  3. Saya sebetulnya lebih suka baca buku cetak. Tetapi, memang terkadang suka lupa bawa buku. Makanya perlu juga mengunduh aplikasi baca novel. Paling gak install salah satunya. Tertarik tuh saya sama Ijak dan Ipusnas

  4. ada banyak yaa platform baca online. salah satu yang aku tau ada juga kwikku.. karena pernah coba nulis di sana juga haha.. akses terhadap buku (elektronik) dan kreasi cerita makin luass

  5. Ternyata banyak aplikasi baca novel yang bisa kita manfaatkan ya mba. Jadi tidak ada alasan lagi tidak bisa baca novel gara2 tidak punya bukunya ya mba. Setidaknya dengan aplikasi ini mudah2an semangat membaca di berbagai kalangan khususnya generasi muda makin meningkat.

    • Yesss kalau ada lagi yang ngeles bilang nggak baca buku karena buku mahal, aku tampol nih! Wong buku digital kebanyakan gratiss.

  6. Banyak banget aplikasi baca novel yang tersedia ya mba, sangat membantu kita untuk membaca novel yang kita inginkan secara online. Bahkan setiap saat pun asal jaringan bersahabat kita bisa membaca novel tanpa harus berburu bentuk fisiknya di toko buku atau perpustakaan.

    • Setujuu sekali mbak, bahkan nggak mesti jaringan bersahabat pun, karena novel digital ini bisa diunduh lalu baca offline

  7. Selama ini aku biasanya baca di wattpadd sama webtoon tuh, ternyata ada banyak pilihan lainnya, cobain ah buat cari bacaan sambil rebahan nih sebelum tidur, keren sih ternyata banyak bakat penulis-penulis muda yaa bertebaran di aplikasi baca novel itu

  8. Sejujurnya aku lebih suka baca novel di buku fisik gitu kesannya otentik aja gitu tapi setelah baca baca disini kok banyak benefit ya baca novel online wkwk

  9. Ternyata banyak juga ya aplikasi untuk membaca novel. Selama ini aku hanya menggunakan wattpad aja. Mau coba aplikasi yang lain juga, ahh ๐Ÿ˜

  10. Wah banyak juga ya tempat baca online yang gratis. Aku masih Wattpad aja nih. Cobain satu-satu ah. Kepengen deh tahu kelebihan masing-masing. Siapa tahu nanti jadi pelanggan setianya dan beralih ke yang berbayarnya.

  11. wahh ternyata banyak yaa aplikasi baca novel gratis ini. Jadi pengen instal salah satunya deh karena kebetulan akhir-akhir ini lagi pengen baca novel

  12. Jadi kangen masa SMA pas sering seringnya baca cerita di Wattpad. Sekarang lebih suka baca buku yang bisa meningkatkan skill sih daripada cerita romance gitu hehe

  13. waaa banyak banget yaaa ternyataaaa, bisa bisa nih kurekomendasikan ke mama mertuaku, beliau seneng banget baca novel online yg dikirim dari wa grup.

  14. Dari beberapa aplikasi baca di atas pernah baca di beberapa Storial, Cabaca, Wattpad. Kalau KBM ngga masuk ya Mba?

  15. 9 blm pernah saya buka, yg watpad sudah familiar. Okelah, makin banyak sarana bagi para penulis hingga para pecinta novel-novel lebih khususnya novel lokal

  16. Aku pernah doonk, kak.. Gak berenti-berenti baca novel online begini..
    Gak nyangka banget, padahal konflik yang disajikan terbilang klasik, tapi pembawaan penulis zaman sekarang tuh blak-blakan sehingga terasa “berbeda” naasnya dari penulis zaman dulu.
    Mantaap~
    Semoga semakin banyak orang membaca dengan menyenangkan.

    • Ahhh samaa! Padahal cerita zaman sekarang juga sama lho, tapi karena gaya kepenulisan sekarang beragam jadi terasa beda

  17. Say tipe yg gak kuat baca klo lewat laptop atau hp. Gak kuat atau cepat lelah matanya.masih lebih suka baca buku.
    Tp kapan2 pengen nyobain baca lewat aplikasi yg keren2 ini.. Udah lama jg gak baca novel nih

  18. No.10 yang paling menarik ya, bukannya Penulis yang dapat hadiah malah Pembaca ya, ini sebagai apresiasi kepada pembaca juga ya, iih gemes, keren deh.
    Noted deh ke-10 aplikasi baca novel ini, ada beberapa yang emang udah gak asing sih ya ๐Ÿ™‚

  19. wow wattpad diundah 100 juta orang, banyak banget ya. Favorit banget emang wattpad, tema novelnya juga banyak banget, suka deh. ๐Ÿ™‚

  20. Sekarang lagi musim ya series di aplikasi streaming dr wattpad. Penulis novel disana berbakat dan bisa disukai pembaca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here