rekomendasi laptop untuk desain grafis murah
rekomendasi laptop untuk desain grafis murah

Rekomendasi laptop untuk desain grafis murah. Hei, Teens! Belakangan ini pekerjaan menjadi desainer grafis sangatlah populer dan memang banyak dicari perusahaan-perusahaan entah besar ataupun kecil. Karena tak dapat dipungkiri, desain berpengaruh besar dalam kehidupan kita dan bisa menarik hati pembeli.

Nah buat kamu yang mau mulai belajar desain grafis atau bekerja sebagai desainer grafis, memilih laptop untuk desain grafis pemula maupun profesional yang tepat itu penting banget! Karena laptop yang nggak sesuai bisa bikin proses mendesain jadi lambat (software desain grafis itu berat-berat lho!) atau bahkan nggak bisa pakai software untuk mendesainnya sama sekali dikarenakan kurang kompatibel.

Cara memilih laptop untuk desain grafis yang paling mendasar sekaligus penting itu adalah dengan tahu spesifikasi minimal laptop untuk desain grafis. Biasanya, kecepatannya (RAM) dan besar penyimpanannya yang utama.

Baca Juga. Kuy!: 21 Macam-macam Software Adobe Yang Mesti Kamu Punya!

Oleh karena itu, karena kita menggeluti bidang yang sama, berikut ini nih aku sharing beberapa laptop yang cocok untuk desain grafis karena selain kompatibel dengan software desain grafis seperti Photoshop atau Adobe Ilustrator, laptop-laptop yang aku rekomendasikan ini juga cepat dan punya penyimpanan yang besar. Langsung cek aja yuk!

1. Asus ZenBook Pro Duo UX482EG

Dilengkapi dengan touch screen, laptop dari Asus ini memiliki RAM: 16 GB LPDDR4x dengan penyimpanan 512 GB SSD. Fisiknya tipis untuk laptop sekuat ini sehingga enak dibawa bepergian.

Laptop ini terbilang cukup kuat untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat dan memiliki Grafis NVIDIA GeForce MX450 sehingga mampu memberikan visual yang sangat halus. Pas sekali untuk mengerjakan hal-hal yang membutuhkan grafis tinggi, contohnya desain dan pengeditan foto juga video.

ZenBook Pro Duo UX482EG i7 1165G7 memiliki teknologi Active Aerodynamic System Plus baru, yang menggunakan mekanisme engsel ErgoLift dan memiringkan ScreenPad Plus untuk meningkatkan aliran udara pendingin secara keseluruhan sebesar 49%. Ini pada gilirannya memungkinkan suhu internal yang optimal dipertahankan untuk kinerja maksimum. laptop ini dibekali dengan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 17 jam pemakaian wajar. Harga laptop untuk desain grafis murah 2021 ini barunya masih 20 jutaan.

2. Apple MacBook Pro M1 2020

spek laptop untuk desain grafis dan editing video
spek laptop untuk desain grafis dan editing video

Barang-barang dari Apple biasanya memang dikenal bagus, tapi tentu saja itu sebanding dengan harganya yang dibandrol lumayan mahal. Nah, salah satu laptop dari Apple yakni Apple MacBook Pro M1 2020 memberikan ukuran layar yang cukup kecil untuk laptop sekitar 13,3 inci.

Dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 512 GB SSD, laptop untuk desain grafis dan multimedia ini kuat menampung software-software desain grafis yang berat dan layar laptop untuk desain grafis ini juga menampilkan gambar yang cemerlang serta detail yang luar biasa. Jadi lebih mudah deh untuk melihat detail-detail kecil pada desain.

Nggak hanya unggul pada layar dan penyimpanannya, MacBook Pro M1 2020 juga unggul dalam hal baterai. Tahukah kamu kalau baterai MacBook satu ini bisa bertahan sampai 18 jam? Jadi enak banget deh dibawa bepergian.

Nah untuk harga, laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan ke atas ini dipasang 18 juta lebih tapi bekasnya mungkin sudah ada 10 jutaan.

3. HP Victus

Merk laptop untuk desain grafis yakni HP juga nggak mau ketinggalan, buktinya mereka mengeluarkan HP Victus yang memiliki segudang kelebihan tapi tentu saja dengan harga jual yang masuk akal. Cek rekomendasi laptop untuk desain grafis murah yng satu ini yuk!

Baca Juga. Kuy!: 10 Software Desain Grafis Terbaik, Perlu Kamu Pelajari!

Nah spek laptop untuk desain grafis dan editing video HP Victus ini super cepat dan tidak ngelag seberat apapun software yang kamu buka. Misalnya mengedit video sambil bermain game dengan grafis yang tinggi dan musik terputar.

RAM yang diberikan sampai pada 32 GB DDR4 dan penyimpanannya 256 GB. Puas banget nggak sih? Belum lagi layar pada laptop satu ini benar-benar melindungi mata yang bisa jadi terus di depan laptop seharian, karena sudah dilengkapi pemfilteran sinar biru dengan sertifikasi TUV Rheinland.

Ukurannya yang lumayan besar yaitu 16 inci bikin mata puas banget deh lihat laptop & baterai tahan lama banget, tapi dengan segala kelebihannya laptop satu ini jadi lumayan berat kira-kira 2,46 kg. laptop untuk desain grafis harga 3 jutaan ke atas ini rata-rata barunya dijual 17 sampai 22 juta tergantung tipenya.

4. ASUS ROG

laptop untuk desain grafis harga 6 jutaan
laptop untuk desain grafis harga 6 jutaan

Dikenal sebagai laptop gaming yang menjadi salah satu laptop terbaik dari Asus, ASUS ROG memiliki besar layar 16 inci dan berat hanya 1,9 kg dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 512 GB. Baterainya juga 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion yang mana bisa bertahan cukup lama.

Berusaha menyamai level komputer, spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D yang satu ini menawarkan konsumen layar yang mumpuni supaya desainer bisa memperhatikan hasil desainnya sampai ke yang paling detail sekalipun. Tingkat ketajaman yang tinggi akan membuat pembeli merasa mata nyaman dan si desainer terbantu untuk mengevaluasi hasil desainnya secara jelas.

Layarnya tetap terlihat jelas meskipun kamu sedang mengedit gambar atau video di tempat cahaya luar ruangan berada, karena tingkat brightness disediakan maksimal 500 nit. Untuk konektivitas juga lengkap, bisa bluetooth dan wifinya bahkan sudah mendukung WiFi 6.

Untuk harga, sekarang masih sekitar 15-20 jutaan sih. Tapi tahun 2020 aku beli bekasnya dan itu masih bagus ya, kira-kira laptop untuk desain grafis harga 6 jutaan ke atas atau tepatnya 8 juta aku beli waktu itu.

5. Acer ConceptD 3 Ezel Pro

Laptop dari Acer selama bertahun-tahun dikenal dan dipakai banyak orang untuk mengerjakan berbagai profesi. Ini karena laptop dari Acer dirancang sedemikian mungkin agar bisa tetap kuat dan bertahan lama. Aku sendiri udah pernah ngerasain benernya hal ini karena laptop pertamaku itu Acer yang pas beli udah lama dipakai juga sih tapi di aku bisa bertahan sampai 5 tahun. Itupun selama 5 tahun diisi software, film dan file yang lumayan berat. Nah berikut ini spesifikasi laptop untuk desain grafis dan game dari Acer.

Khusus Acer ConceptD 3 Ezel Pro ini, mengusung desain yang unik yaitu laptop yang bisa dijadikan mode tablet atau mode kanvas. Jadi nggak perlu beli Ipad atau tablet lagi deh! Layar yang dipakai juga PANTONE Validated yang hasilnya bisa memunculkan warna-warna pada standar Pantone Matching System (PMS) dan tentu Full HD.

Baca Juga. Kuy!: 5 Cara Mengatasi Blue Screen Your Pc Ran Into A Problem And Needs To Restart Atau Error Nvlddmkm.sys

Dengan baterai 4-cell Li-Ion, ukuran laptop ini sedang hanya sebesar 15,6 inci aja. Masih bicara soal layarnya, layar laptop Acer yang satu ini dilengkapi dengan akurasi warna Delta E di bawah 2 yang bikin warna jadi tampak sungguh bak dunia nyata. Enak banget sih dipakai untuk mendesain, nonton film ataupun main game 3D.

Nggak berhenti sampai disitu, 4-cell Li-Ion Acer ConceptD 3 Ezel Pro juga bisa touchscreen dan punya stylus ketceh dengan tingkatan pressure sebanyak 4.096. RAM 16 GB dan penyimpanan 1 TB atau terabit! Wow sekelas komputer tuh!

Tapi tentu dengan segala kelebihan yang dimilikinya laptop ini tetap punya kekurangan yaitu di kategori laptop untuk desain grafis harga 10 jutaan 2021 ke atas atau tepatnya 28 juta. Ini sih namanya bukan kekurangan dan malah wajar, tapi saya aja yang misqueen TT.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi laptop untuk desain grafis murah untuk ukuran yang nggak kaleng-kaleng! Pada buas semua bukan? Ya gimana nggak buas yah, orang untuk kebutuhan desain grafis aja bisa tinggi pol! Kamu tertarik sama yang mana nih? Jangan lupa tips memilih laptop untuk desain grafis singkat dari aku di awal tadi sewaktu mau pilih laptop. Semoga review laptop untuk desain grafis kali ini bermanfaat ya. Terima kasih!

38 KOMENTAR

  1. Pilihan tepat spesifikasi kelima laptop diatas. Reviewnya lengkap pas jadi pilihan buat kegiatan pekerjaan harian

  2. edun ya mba asus merajai bahkan dengan macbook, asus zenbook sangat amaizing hargannya. suami dpt laptop dri kantor dan itu asus jg mba. itu terbukti memnag tahan banting mba.

  3. Wah rekomendasi yang pas ini untuk kebutuhan industri kreatif saat ini, spesifikasi mumpuni dengan harga bersaing

  4. Wah, kebetulan banget nih… Aku berencana ganti laptop. Makasih banya ya kak referensinya… Aku sampe kini gak bisa ke lain ASUS…

  5. Keren-keren nih review laptopnya. Terutama untuk Apple Macbook ya.Hmm, ada harga ada kualitas ya.Naksir banget produk Apple,kapan yaaaa….memiliki,nabung kenceng dulu nih

  6. MacBook tuh all the best deh. Belasan tahun saya pakai gak pernah masalah dan kecewa. Safety nya juga keren. After sales servicenya juga selalu memuaskan. Setaralah dengan harga yang harus ditanggung.

    • Waww memang ada harga ada kualitas yaa. Aku belum pernah pake macbook (mahal hikseu) tapi seneng deh denger layanan servisnya bagus sesuai harga memang.

  7. Wah, pastinya laptop buat desain grafis mah keren-keren ya speknya. Tapi walopun begitu harganya terjangkau. Temen-temen desainerku kudu pada tahu nih. Btw, aku ngeceng tuh sama yang nomor 1. Kepengen deh gantiin laptop jadulku. Walopun aku bukan desainer grafis ๐Ÿ˜€

    • Iyapp, karena emang desian grafis itu berat (biar aku aja *ehh) jadi butuh yang kuat juga deh laptopnya.

      Kalo ganti laptop meskipun bukan utk desainer grafis juga bisa dong soalnya profesi apapun itu dengan laptop yang kuat pasti pekerjaan jadi mudah.

  8. Wiih pilihan laptop keren nih. Cocok buat saya yg sedang belajar desain grafis. Spesifikasi dari laptop laptop ini mumpuni bgt..

  9. saya suka dengan ASUS ROG. karena spesifikasi laptop ASUS ROG cocok untuk desain grafis 3D

  10. wah gak ada Lenovo?

    saya suka Lenovo karena desainnya lebih bagus dibanding yang lain

    saya lebih nyaman belanja offline agar bisa membandingkan langsung

    • Aku belom pernah pake laptop Lenovo sih makanya kurang tahu dan nggak masukin di list๐Ÿ˜… tapi sempat lihat desain Lenovo emang cantik bangett

  11. Wah bener nih, pilihan laptopnya gak main-main, emang diakui canggih semua, deg-degan bacanya saking kagum sama performa merk-merk seperti Asus, HP, Apple, impian banget hehe

  12. Setuju daku, dengan judulnya “Level Luar Biasa” karena speknya itu mumpuni untuk mendukung desain grafis, apalagi ini juga bisa ya buat kita pekerja konten

  13. Speknya bikin ngiler nih jadi ngebandingin dengan laptop yang kupakai ini…hehe…. semoga bisa memiliki salah satunya…Aamiin Allohumma Aamiin…

  14. Wah, pas banget ini tulisannya kakak. Memang pas baru butuh rekomendasi soal laptop yang oke buat desain. Secara zaman sekarang itu udah banyak aplikasi desain yang kece. Kalau dimanfaatkan lebih jauh, pasti maksimal hasilnya.

  15. Keren-keren semua nih spesifikasi laptop yang cocok buat desain grafis.
    Tapi… tapi… bagi ukuran kantongku, harganya mahal

  16. Laptopku gak ada dalam daftar, hehehe
    Sekarang lagi nabung nih buat beli laptop baru yang spesifikasinya lebih bagus dari laptopku yang sekarang. Semoga uangnya cepat terkumpul dan keinginan untuk punya laptop baru bisa segera terealisasi

  17. shalawatin dulu buat Apple MacBook Pro M1 2020 yang batreinya bisa betah sampai 18 jam gitu, huaaaaah mupeng parah. Semoga bisa beli yang baru, bukan yang second *eaaa. Auto nabung ๐Ÿ˜€ Tengkyu ulasannya Kak ๐Ÿ™‚

  18. Terima kasih reviewnya. Sangat membantu untuk user yang awam seperti saya. Pengen HP Victus nih, semoga bisa segera terwujud…

  19. Beneran nih secondnya ROG 8 juta? Wah lu beruntung banget

    • Emang, bro. Tapi tergantung sih, gen ROG yang keberapa dan apa kekurangannya dari yg bukan second

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here