Cara cepat tinggi. Hei, Teens! Sebagai remaja, kita pasti ingin ya punya penampilan yang bagus termasuk punya tinggi badan yang ideal. Faktanya, dengan punya tinggi badan yang ideal, kita jadi merasa lebih percaya diri dan mendapat pekerjaan yang sesuai dengan kriteria beberapa profesi yang mengharuskan punya tubuh tinggi, seperti pramugari, model, polisi dan lain-lain. Karena itu, cara cepat tinggi badan jadi penting.

Nah, penasaran gak sih apa saja hal-hal yang bisa mempengaruhi tinggi badan seseorang? Yaitu…

  • Genetik. Genetik atau keturunan adalah penyebab terbesar yang menentukan tinggi badan seseorang. Misalnya kedua orang tuamu tinggi, maka otomatis pun kamu tinggi. Jika mamamu pendek dan papamu tinggi, maka kamu pun akan punya tinggi rata-rata.
  • Nutrisi seperti serat, lemak, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang cukup selama pubertas.
  • Banyak olahraga atau aktivitas fisik selama pubertas juga sangat berpengaruh.
  • Penyakit kronis.

Gimana sih cara lainnya memperkirakan batas tinggi kita berapa selain dari ciri-ciri di atas? Gampang! Mari kita gunakan ilmu matematika kita, tapi sebelum itu ketahui dulu ya tinggi badan orang tuamu. Begini caranya dilansir dari haibunda.com…

Untuk anak laki-laki:

Tinggi badan ayah ditambah tinggi badan ibu ditambah 13 cm dan dibagi dua, lalu ditambah atau dikurangi 8,5 cm.

Contoh: Tinggi badan ayah 165 cm dan tinggi badan ibu 160 cm.
Perkiraan tinggi anak laki-lakinya: 165 + 160 + 13 = 338
338 dibagi 2 = 169
Tinggi badan anak laki-lakinya diperkirakan: 160,5 cm sampai dengan 177,5 (setelah 169 dikurangi atau ditambah 8,5).

Untuk Anak Perempuan:

Tinggi badan ayah ditambah tinggi badan ibu dan dikurangi 13 cm dan dibagi dua, lalu ditambah atau dikurangi 8,5 cm.

Perkiraan tinggi badan anak perempuannya: 165+160-13 = 312
312 dibagi 2 = 156
Tinggi badan anak perempuan diperkirakan: 147,5 cm sampai dengan 164,5 cm (setelah 156 dikurangi atau ditambah 8,5).

Tapi itu masih perkiraan ya, jadi hasilnya bisa lebih atau bahkan kurang. Tergantung dari nutrisi dan banyaknya aktivitas yang dilakukan kamu. Jadi, gimana cara cepat tinggi badan? Silahkan simak artikel berikut ini ya!

1. Makan teratur

Terutama buat remaja cewek, selain ingin memperbaiki tinggi badan, biasanya kita juga suka diet agar bisa punya tubuh langsing bak selebriti, padahal ini gak boleh lho! Karena di umur kita yang sekarang ini, makan banyak itu sangat penting. Setidaknya, makanlah tiga kali sehari dengan pola gizi seimbang. Boleh makan snack, tapi cukup dua kali saja dan kalau boleh snack sehat. Ini akan cukup membantu proses tinggi badanmu.

Jadi mengingatkan kembali, kalau kamu nggak terlalu gemuk atau berat badannya gak yang berat banget, mending gak usah diet deh. Tapi kalau memang mau, nih ada cara menurunkan berat badan pada remaja yang dijamin diet sehat.

Baca Juga, Kuy! 20 Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Remaja!

2. Konsumsi makanan Bernutrisi Tinggi

Nutrisi terdiri dari apa aja sih? Itu terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, kalsium, serat, vitamin dan mineral. Untuk vitamin, itu harus vitamin D karena dapat membantu memperkuat tulang. Jadi perkuatlah ketujuh nutrisi itu karena dapat menunjang pertumbuhan tulang terutama pada anak sampai remaja. Itu juga dapat mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

Makanan apa saja yang mengandung nutrisi itu?

  • Daging
  • Telur
  • Susu kedelai
  • Ikan
  • Susu
  • Keju
  • Sumsum tulang sapi
  • Lobak
  • Kol
  • Bayam
  • Brokoli
  • Wijen
  • Sereal
  • Tahu
  • Tempe
  • Sosis
  • Berbagai jenis jamur
  • Minyak ikan
  • blueberry
  • goji berries, sawi
  • biji chia

Dan masih banyak lagi. Tidak perlu makan semua yang ada di list itu kok… hehehe. Cukup makan sebagiannya saja, yang kebanyakan dapat dibeli di tempat-tempat terdekat dan harganya terjangkau.

3. Cara Cepat tinggi Dengan Olahraga

Sudah umum ya, kalau salah satu cara cepat tinggi dengan olahraga! Karena olahraga dapat membantu meningkatkan tinggi tubuh. Ini adalah cara cepat tinggi terbaik dan terefektif, karena mengharuskan tubuh bergerak sangat banyak.

Olahraga yang bisa membuat tubuh cepat tinggi, adalah olahraga yang menendang-nendang. Karena ketika kaki menendang-nendang, otot serta tulang bisa merasakan sensasi seperti ditarik sehingga tulang kaki akan bertumbuh lebih panjang. Olahraga yang melompat-lompat juga bisa ya. Lakukan olahraga setidaknya 15 menit setiap hari.

Nah, olahraga apa sajakah yang seperti itu?

  • Basket

Kenapa basket? Karena saat main basket, tubuh jadi banyak berlari dan lompat. Ini melawan gaya gravitasi, sehingga otot dan tulang belakang renggang secara maksimal.

  • Bersepeda

Punya sepeda di rumah? Ternyata itu juga menjadi salah satu cara cepat tinggi terbaik lho. Ketika bersepeda, kamu akan sangat mengandalkan kaki dan kaki akan beraktivitas atau bergerak sangat banyak. Saat bersepeda, atur tinggi kursinya sampai pas dan nyaman kamu gunakan, lalu biarkan jemari kaki bersentuhan dengan pedal sepeda. Ini bisa membantu menarik tulang-tulang untuk tetap tumbuh.

  • Lompat tali

Cara cepat tinggi dengan olahraga lainnya, adalah lompat tali! Karena selain sangat terjangkau dan tidak membutuhkan kemampuan atau bakat yang terlalu, lompat tali juga berfungsi membuat otot kaki terstimulasi sehingga gak heran tubuh jadi lebih tinggi. Gak perlu muluk-muluk kok, cuman lakuin ini selama 15 menit setiap hari hasilnya akan cepat terlihat. Gak heran kalau ini jadi cara cepat tinggi terefektif. Oh ya, kalau gak punya tali untuk dilompati bisa lompat-lompat tanpa alat aja kok.

  • Berenang

Kamu bisa gaya renang apa nih? Gaya dada? Gaya bebas? Atau kupu-kupu? Jangan bilang gaya batu ya, kekeke. Dengan berenang, semua otot-otot yang ada pada tubuhmu jadi bergerak. Hasilnya, hormon-hormon pertumbuhan akan terpicu untuk berproduksi lebih banyak, sehingga sangat membantu tumbuh tinggi kita. Setidaknya, berenanglah sekali seminggu. Kalau bisa lebih malah tambah bagus.

  • Futsal

Cowok-cowok pasti hobi nih. cara cepat tinggi dengan olahraga di artikel ini ada futsal. Siapa sih yang nggak pernah main bola selain bayi baru lahir? Ini ternyata membantu menarik-narik otot dan tulang, sehingga tulang kaki jadi lebih panjang yang tentu berhasil membuatmu semakin tinggi. Lakukan secara rutin ya!

  • Yoga

Cewek wajib coba! Karena yoga terbukti sebagai cara efektif meninggikan badan. Hal kamu lakukan saat yoga adalah meregangkan tubuh, sehingga tubuh pun jadi tertarik. Untuk bisa yoga, kamu tinggal cek Youtube! Terdapat ratusan tutorial yang dijamin gampang.

4. Peregangan Saat Bangun Tidur

Peregangan sangat baik dilakukan setelah olahraga dan bangun tidur. Tidak boleh asal-asalan, meregangkan tubuh harus dilakukan dari atas sampai bawah. Kalau meregangkan tubuh secara acak-acakan malah akan menyebabkan mual dan pusing.

Untuk cara meregangkan tubuh yang gampang, saat bangun tidur kamu bisa menarik tangan keatas lalu diikuti semua tubuh, atau bisa juga dengan duduk di kursi dan meletakkan kedua kaki di depan, lalu disentuh mata jari kaki tanpa membungkuk dan tahan selama sepuluh detik saja. Kamu bisa istirahat dulu sebentar dan lanjut lagi sebanyak lima kali.
Meregangkan tubuh bisa membantu menarik dan meluruskan tulang belakang agar tidak bungkuk. Juga bisa berguna untuk tubuh tidak kaku, lebih rileks dan segar.

Baca Juga, Kuy! 10 Cara Menghilangkan bibir hitam dengan bahan yang pasti ada di rumah!

5. Rajin minum air mineral

Seperti yang tadi kita bahas, tubuh remaja butuh nutrisi dan salah satu nutrisi adalah mineral. Dengan minum air putih minimal delapan gelas saja setiap hari, yakinlah tubuh perlahan-lahan akan tinggi. Ini karena air mineral atau lebih sering disebut air putih, mengandung mineral yang mudah larut dan cepat dicerna tubuh kita. Sehingga metabolisme kita dapat berproses sangat cepat dan mempengaruhi pertumbuhan tubuh.

6. Cukup tidur

Ternyata cukup tidur bisa menjadi cara cepat tinggi di rumah lho! Untuk remaja, waktu tidur yang pas dan sehat adalah tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam. Dengan begitu, hormon pertumbuhan atau Growth Hormon bisa berproduksi dengan baik.

Hormon pertumbuhan ini biasanya paling banyak berproduksi saat kita istirahat atau tidur. Selain itu, kalau kita tidur dengan cukup kita sebenarnya membantu proses regenerasi sel dan jaringan tubuh. Jadi ingat, tidurlah selama 7 atau 8 jam sehingga badan bisa tumbuh dengan optimal.

7. Tidur dengan posisi yang benar

Cara cepat tumbuh tinggi badan nggak pernah lepas dari tidur dengan posisi yang benar! Tahukah kamu, salah posisi tidur bisa berpengaruh fatal sama pertumbuhan tulangmu. Nggak cuman itu, tulang pun jadi melengkung dan tubuh bungkuk. Pasti gak mau ‘kan begitu? Maka tidurlah dengan posisi yang benar. Posisi yang benar itu gimana sih? Nah, posisi tidur yang benar adalah telentang. Wajah dihadapkan ke atas, kaki lurus tanpa meluk guling dan bantal yang digunakan tidak terlalu tinggi. Nggak nyaman sih ya, tapi kalau latihan terus jadi biasa kok.

Baca Juga, Kuy! Gosip! Ini nih Bahaya dan Cara Menghindarinya lho!

8. Tubuh Tegap

Saat duduk, berdiri maupun tidur, usahakanlah untuk selalu tegap. Karena hal ini dapat sangat mengganggu pertumbuhan tulang. Jadi kalau kamu ingin tambah tinggi, bertekadlah berlatih dan menjaga postur tubuh tetap tegak. Selain dapat mempengaruhi tinggi badan, dengan tetap tegak kamu juga jadi terlihat lebih berwibawa dan keren lho.

9. Rajin Minum Susu Berkalsium Tinggi

Cara cepat tinggi di rumah lainnya, adalah dengan minum susu. Hampir semua orang tahu, kalau susu punya kalsium yang sangat tinggi begitu pula dengan proteinnya. Nah untuk bisa menjaga tulang tetap sehat dan kuat, kita membutuhkan kalsium. Jangan lupa saat membeli susu, pastikan susu itu sudah mengandung vitamin D juga.

Kenapa? Karena Vitamin D sangat berfungsi membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Dengan adanya kalsium, kita bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Jadi minumlah susu 2 kali sehari, yaitu saat sarapan di pagi hari dan malam sebelum tidur. Percaya deh, proses pertumbuhan tinggi badanmu bakal sangat berkembang.

10. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Saat Pagi

Bicara soal vitamin D, sinar matahari tidak boleh lewat. Banyak yang menyarankan untuk berjemur di pagi hari saat cahaya matahari sedang terik atau sekitar jam sembilan sampai sepuluh. Di jam itu matahari sedang mengeluarkan sinar ultraviolet B yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin D.

cara cepat tinggi untuk remaja perempuan dan pria ini gak bikin kulit jadi sawo matang kalau berjemur di jam segitu kok! Karena itu gak bakal bikin kulit kamu tambah hitam kok! Bisa dibilang jam segitu adalah sinar matahari yang sehat. Kamu bisa nih, praktekin salah satu contoh olahraga penambah tinggi badan diatas sehingga hasilnya jadi lebih maksimal.

Nah, itu tadi 10 cara cepat tinggi untuk remaja perempuan dan laki-laki, yang wajib kamu coba! Jangan lupa di praktekin ya, percaya deh usaha tidak akan mengkhianati hasil. Apalagi kamu masih dalam masa pertumbuhan, masih ada waktu mencoba. Semangat ya praktekin cara cepat tumbuh tinggi badan tadi, yuk bisa yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here