apa itu produk abrasif
Gambar: Remajaasik.com

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari keperluan menggunakan produk abrasif. Misalnya, saat ingin menghilangkan karat dari barang-barang kita atau pagar rumah menggunakan roda gerinda, atau mengasah barang agar jadi lebih tajam, memotong sesuatu atau bahkan menghaluskan barang seperti bagian luar mobil agar tampil lebih mengkilap.

Pada umumnya, produk abrasif sering digunakan oleh pekerja proyek atau pembuat berlian. Tapi tidak jarang juga digunakan dalam keperluan sehari-hari yang remeh sekalipun. Makanya, produk abrasif ada sangat banyak dan seringkali bikin kita jadi bingung mau pakai yang mana.

Itu karena tiap produk abrasif memiliki fungsinya sendiri-sendiri sesuai kebutuhan. Makanya dari itu, berikut ini tips cara memilih produk abrasif yang tepat. Tapi sebelum itu, kita cari tau lebih jelas dulu yuk, apa itu produk abrasif!

Apa Itu Produk Abrasif?

produk abrasif dalam proses manufaktur
Gambar: Remajaasik.com

Sederhananya, produk abrasif adalah alat yang digunakan untuk mengikis bagian pada suatu barang yang tidak diinginkan seperti noda, karat, sisi yang nggak dibutuhkan dan sebagainya sehingga itu jadi hilang dan barang tampak lebih sesuai kebutuhan, bersih dan baru.

Lalu produk abrasif juga bisa digunakan untuk menghaluskan permukaan suatu barang seperti perhiasan, kaca, besi ataupun dinding sehingga memberikan hasil akhir atau tampilan yang halus serta mengkilap. Atau bisa juga disebut sebagai alat poles.

Baca Juga Yuk: Menjaga Lingkungan, Tanggung Jawab Kita Semua. Caranya?

Jadi abrasif yang umumnya terbuat dari mineral ini, bisa mempermudah manusia dalam kebutuhan memotong dan menghaluskan permukaan benda sehingga memudahkan proses manufaktur. Dan produk abrasif ini ada yang bisa digunakan dengan alat listrik ataupun tangan manusia.

Cara Memilih Produk Abrasif yang Tepat, Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Kita

Setelah kita tau dengan jelas apa itu produk abrasif, sekarang saatnya kita cari tau cara memilih produk abrasif yang tepat. Dikarenakan produk abrasif ada sangat banyak, wajar kalau kita bingung mau menggunakan yang mana.

Tapi sebenarnya, ada empat cara mudah yang bisa kita lakukan sebelum membeli suatu produk abrasif, agar produk yang kita beli itu memang benar-benar sesuai yang kita butuhkan dan terhindar dari salah beli yang berakhir tidak memberikan hasil yang kita inginkan.

1. Ketahui Dulu Jenis Material Barang yang Akan Dikerjakan

Pertama-tama kamu perlu tau dulu nih apa material dari barang yang akan kamu kerjakan menggunakan produk abrasif. Apakah itu barang logam seperti besi, atau itu kayu, atau mungkin material non-logam lainnya seperti keramik dan kaca? Karena tiap produk abrasif punya kekuatan dan ukuran yang berbeda, makanya kamu perlu pilih abrasif yang sesuai dengan karakteristik material tersebut.

2. Perhatikan Jumlah Partikel Butiran Abrasifnya

Tahukah kamu kalau abrasif dan batu gerinda mengandung butiran abrasif dan partikel abrasif dihitung dari situ. Semakin tinggi angka partikelnya, maka hasil akhir amplasnya akan semakin halus. Misalnya 1000 partikel pasti menghasilkan yang lebih halus dari 100 partikel. Jadi kamu perlu tentukan seberapa halus atau kasar hasil dari barang yang ingin kamu amplas.

Baca Juga Yuk: Solusi Mudah Renovasi Rumah dengan KTA

Biasanya, partikel 100 cocok untuk sekedar menghilangkan kekasaran barang, sementara partikel 200 bagus untuk meratakan bentuk barang, dan partikel 1000 bagus untuk memberikan hasil yang sangat halus contohnya pada logam atau batu.

3. Pilih Bentuk dan Ukuran Produk Yang Sesuai

Seperti yang tadi disebutkan, produk abrasif memiliki berbagai bentuk, ukuran dan kekuatan, jadi kamu perlu lagi-lagi menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Misalnya produk abrasif hadir dalam berbagai bentuk seperti lembaran, pita, atau roda gerinda dan ada produk mounted point yang dirancang dengan ukuran kecil dan memanjang untuk mengamplas sisi atau bagian barang yang sulit dijangkau tangan ataupun barang abrasif yang lebih besar.

cara memilih produk abrasif seperti mounted point

4. Kenali Produk-Produk Abrasif

Memang produk abrasif ada sangat banyak sehingga sulit untuk mengenali tiap produk abrasif untuk menemukan yang cocok. Tapi, kalau kamu mengenali tiap produk abrasif sedikit saja, peluang untuk menemukan produk abrasif yang tepat bisa lebih besar. Berikut deh, sedikit penjelasan singkat beberapa produk abrasif yang ada.

  • Cut Off Wheel – untuk pemotongan material
  • Flap Disc – untuk menghaluskan dan membersihkan permukaan
  • Grinding Wheel – untuk mengasah dan membentuk material logam atau batu
  • Diamond & CBN Tools – untuk mengasahan material keras seperti logam super dan batu permata, secara cepat.
  • Files – untuk mengikis material secara presisi
  • Fine Grinding & Polishing Tools – untuk mengaluskan material secara tinggi dan memberikan hasil akhir yang mengkilap.
  • Mesin Honing – untuk menghaluskan permukaan dalam khususnya lubang, seperti pada silinder mesin.
  • Industrial Brush – untuk membersihkan, menggosok, atau menghilangkan debu dan serpihan material dari berbagai permukaan.
  • Milling Tools – untuk mengikis atau menghilangkan material yang tidak diinginkan.
  • Mounted Point – untuk untuk mengamplas area yang sulit dijangkau.
produk abrasif adalah alat untuk mengikis bagian barang yang tidak diinginkan

5. Cari Produk Abrasif yang Berkualitas

Hal terakhir yang bisa jadi sepele tapi sangat perlu diperhatikan juga adalah kualitas dan mereknya. Biasanya barang abrasif dari merek terpercaya dan agak sedikit mahal cenderung menawarkan produk yang yang lebih kuat dan tahan lama alias awet. Makanya nggak masalah juga kalau harganya agak mahal.

Baca Juga Yuk: Tips Menemukan Perlengkapan Kamar Mandi Tepat, Terbaik & Bermanfaat

Kamu juga bisa mencari produk abrasif yang berkualitas lewat membaca ulasan pengguna atau penjualnya. Misalnya kamu bisa lihat ke situs kawanlama.com yang menjual produk-produk abrasif terlengkap seperti produk-produk yang aku sebutkan di nomor empat, dan membaca ulasan dari websitenya di sana.

Semoga artikel mengenai produk abrasif serta cara memilihnya ini bisa membantu kamu menemukan produk abrasif terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

13 KOMENTAR

  1. Walau baru ngeh dengan istilah abrasif ini, setelah baca tulisan di atas, aku ternyata ya pernah melakukannya terutama Industrial Brush itu. Cuma dari tulisan ini lebih terinformasikan lagi berbagai peralatan yang diperlukan dan istilah-istilah alatnya.

    Setuju dengan sarannya agar memperhatikan kualitas dan merek. Ya biar bisa digunakan lebih tahan lama dan mempermudah kerja juga kalau alatnya dapat diandalkan.

  2. Ternyata banyak juga ya produk abrasif ini. Xixixi.. aku baru liat beberapa aja, itupun sebelumnya gak tau namanya saat dipake tukang pas bangun rumah kemarin.

  3. Thanks ya, postingan yang informatif banget nih. Jadi tahu macam-macam produk abrasif beserta kegunaannya.

  4. Baru dengar saya istilah produk abrasif ini, namun setelah baca ulasannya ternyata penggunaan produk ini dekat dengan keseharian kita ya, dan untuk produk abrasif ini sendiri pun ternyata memiliki jenis yang sangat beragam ya.

  5. Saya aktif menggunakan polishing tools untuk kerajinan perhiasan kawat yang diproduksi oleh jenama saya ANNIE Nugraha Handmade Jewelry. Tidak dalam rangka untuk meningkatkan kilauannya tapi lebih pada menjaga kebersihan perhiasan itu sendiri. Alhamdulillah sejauh ini tidak ribet karena alatnya berupa kain jenis tertentu yang mudah dibawa.

  6. ketahuan saya selama ini cuma bisa makai doank. baru tau kalau barang-barang di atas termasuk dalam produk abrasif. Btw thanks mba atas tips cara memilih produk abrasif yang Tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita

  7. Baru tau ternyata banyak banget produk abrasif
    Selama ini cuma tau soda kue dan cuka yang sayangnya sering kurang ampuh
    Serta spon stainless untuk membersihkan panci gosong
    Ternyata ada produk abrasif lainnya
    Mau coba ah

  8. buat menghaluskan bisa juga ya pakai ini
    berarti kudu teliti dengan baik nih pada saat memilih produknya yang sesuai kebutuhan

  9. Waduh, baru tau kalau itu istilahnya produk abrasif ya, dan ternyata banyak juga jenis produknya.
    Bapakku dulu tukang bangunan, dan banyak peralatannya. Mungkin salah banyaknya ya produk abarasif ini deh. Dulu, kalau disuruh bantu dan minta diambilin aku salah melulu, hahaa

  10. Saya sering melihat alat-alatnya, tapi baru tahu kalau ini produk produk abrasif. terus beragam juga ya, sesuai kebutuhannya. Di rumah kayaknya ada yang bundar itu untuk menghaluskan. Jadi fungsinya seperti amplas.

  11. Waaah jadi produk yang bisa mengikis bagian pada suatu barang yang tidak diinginkan kayak noda, karat, dan lainnya itu namanya produk abrasif ya kak. Ada banyak jenisnya juga ya. Terus semakin besar jumlah partikelnya, semakin bisa bikin halus. Aku sering lihat beberapa jenis dari alat perkakasnya bapak, tapi gak ngeuh kalau itu kategorinya produk abrasif

  12. baru menyadari, ternyata beberapa benda yang disebut sebagai produk abrasif, ini to namanya. Memiliki kegunaan yang beda-beda ya. Kok ya nggak kepikiran buat nyari ini apa namanya. Baca artikel kakak, jadi nambah pemahaman. Enggak kalau pengetahuan sama pak-bapak

  13. Ternyata abrasif ini teknik yang umum digunakan dalam sebuah industri yaa..
    Hanya memang ada berbagai macam tools yang digunakan. Jadi semakin cliink setelah dapat pencerahan dari artikel ka Cantika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here